Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Militer Israel Pertimbangkan Hentikan Proyek Sky Dew, Sistem Balon Mata-mata yang Diserang Hizbullah

Militer Israel dan Kementerian Pertahanan sedang mempertimbangkan penutupan total sistem balon mata-mata Sky Dew yang diserang oleh Hizbullah

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Militer Israel Pertimbangkan Hentikan Proyek Sky Dew, Sistem Balon Mata-mata yang Diserang Hizbullah
Unit Juru Bicara IDF
Sky Dew atau Sistem Aerostat Ketersediaan Tinggi (HAAS), adalah aerostat pertahanan rudal ketinggian tinggi yang digunakan oleh Pasukan Pertahanan Israel sejak 2022. Sistem radar ini dikembangkan oleh Organisasi Pertahanan Rudal Israel (IMDO) dan Badan Pertahanan Rudal AS (MDA). Ini adalah balon udara yang ditambatkan , yang dikembangkan oleh perusahaan TCOM AS . Sistem ini digunakan di utara Israel, balon serupa sudah digunakan di selatan. Pada 15 Mei 2024, Aerostat itu jatuh oleh pesawat Hizbullah. 

Militer Israel Pertimbangkan Batalkan Proyek Sky Dew, Sistem Balon Mata-mata yang Diserang Hizbullah

TRIBUNNEWS.COM- Sistem Sky Dew, yang dikembangkan bersama oleh perusahaan pertahanan Israel dan AS, ditembakkan dari langit pada pertengahan Mei selama operasi Hizbullah yang kompleks.

Militer Israel dan Kementerian Pertahanan sedang mempertimbangkan menghentikan total proyek sistem balon mata-mata Sky Dew yang diserang oleh Hizbullah awal tahun ini – mengingat “kerentanan” dan kesulitan perbaikannya, menurut Israel Hayom.




Sky Dew atau Sistem Aerostat Ketersediaan Tinggi (HAAS), adalah aerostat pertahanan rudal ketinggian tinggi yang digunakan oleh Pasukan Pertahanan Israel sejak 2022.

Sistem radar ini dikembangkan oleh Organisasi Pertahanan Rudal Israel (IMDO) dan Badan Pertahanan Rudal AS (MDA). Ini adalah balon udara yang ditambatkan, yang dikembangkan oleh perusahaan TCOM AS.

Sistem ini digunakan di utara Israel, balon serupa sudah digunakan di selatan. Pada 15 Mei 2024, Aerostat itu jatuh oleh pesawat Hizbullah.

"Kementerian Pertahanan dan Angkatan Darat sedang mempertimbangkan untuk membatalkan proyek mahal tersebut dan menutup unit khusus tersebut. Alasannya: kerentanannya, biayanya, dan lamanya waktu perbaikan yang tidak masuk akal – sekitar dua tahun," demikian laporan surat kabar tersebut pada 28 Agustus.

BERITA TERKAIT

Keputusan mengenai masalah ini kemungkinan besar akan dibuat dalam beberapa hari ke depan “sesuai dengan perubahan dan pembelajaran dari pelajaran perang,” kata seorang juru bicara militer Israel.

Israel Hayom mengatakan sistem Sky Dew dinonaktifkan selama berbulan-bulan sebelum perang karena “cuaca badai.”

“Sistem tersebut, yang mencakup platform udara yang dikembangkan oleh perusahaan Amerika TCOM dan sistem radar canggih yang dikembangkan oleh perusahaan Elta dari industri kedirgantaraan Israel, seharusnya memberi Israel kemampuan pelengkap untuk sistem deteksi dan sistem pertahanan udara Angkatan Udara,” harian itu menjelaskan.

Sky Dew dikembangkan bersama oleh Kementerian Pertahanan Israel dan Badan Pertahanan Rudal AS.

Pada November 2021, Angkatan Udara mengumumkan pengerahan sistem tersebut untuk mendeteksi ancaman di wilayah utara.

Balon ini dipasang pada tahun 2022 setelah melalui proses pengembangan dan produksi yang panjang dan rumit.

Saat itu, balon ini dianggap sebagai salah satu balon udara terbesar di dunia.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas