Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Turki Serukan Hukuman dan Paksaan Terhadap Israel yang Melanggar Hukum Internasional di Tepi Barat

Turki, pada hari Rabu, menyerukan "tindakan hukuman dan pemaksaan" terhadap tindakan Israel yang sepenuhnya mengabaikan hukum internasional.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Turki Serukan Hukuman dan Paksaan Terhadap Israel yang Melanggar Hukum Internasional di Tepi Barat
Al Quds
Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, mengunjungi Turki untuk bertemu dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdoğan pada Kamis (15/8/2024). 

Turki Serukan Hukuman dan Paksaan Terhadap Israel yang Melanggar Hukum Internasional di Tepi Barat

TRIBUNNEWS.COM- Turki menyerukan tindakan 'hukuman dan pemaksaan' terhadap tindakan 'ilegal' Israel

Turki, pada hari Rabu, menyerukan "tindakan hukuman dan pemaksaan" terhadap tindakan Israel yang sepenuhnya mengabaikan hukum internasional, Anadolu Agency melaporkan.




"Sangat penting untuk mengambil tindakan hukuman dan pemaksaan yang diperlukan terhadap tindakan Israel yang sepenuhnya menentang hukum internasional ini," kata Kementerian Luar Negeri negara itu dalam sebuah pernyataan, menanggapi operasi terbaru Israel di Tepi Barat.

Pernyataan itu juga mengutuk “operasi ilegal” Israel dan pernyataan Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz, tentang perluasan praktik dari Gaza ke Tepi Barat.

"Kami mengutuk keras operasi ilegal yang dilancarkan Israel di Tepi Barat dan pernyataan Menteri Luar Negeri Israel bahwa mereka akan memperluas praktik di Gaza ke Tepi Barat," katanya.

Pernyataan itu lebih lanjut mengatakan bahwa “kebijakan genosida” yang dilakukan oleh pemerintah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu merupakan ancaman besar bagi keamanan internasional.

BERITA TERKAIT

Ia juga mendesak “segelintir negara yang mendukung Israel tanpa syarat” untuk meninggalkan posisi mereka yang bertentangan dengan hukum dan hati nurani manusia.

Sebelumnya, tentara Israel melakukan operasi militer besar-besaran di Tepi Barat utara yang diduduki, menjadikannya serangan terbesar dalam dua dekade.

Setidaknya 10 warga Palestina telah terbunuh sejak dimulainya operasi, menurut angka terbaru Kementerian Kesehatan Palestina.

Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz, mengatakan bahwa operasi militer tersebut mencakup “evakuasi sementara penduduk Palestina” dari wilayah di Tepi Barat utara.

Ketegangan meningkat di Tepi Barat yang diduduki di tengah serangan brutal Israel di Jalur Gaza, yang telah menewaskan hampir 40.500 orang, sebagian besar wanita dan anak-anak, sejak 7 Oktober 2023.

Setidaknya 660 warga Palestina telah terbunuh dan hampir 5.400 lainnya terluka di Wilayah Pendudukan, menurut angka Palestina.

Dalam pendapat penting pada tanggal 19 Juli, Mahkamah Internasional menyatakan pendudukan Israel selama puluhan tahun di tanah Palestina adalah melanggar hukum dan menuntut evakuasi semua pemukiman yang ada di Tepi Barat dan Yerusalem Timur.

Turki Mengutuk Keras Operasi Ilegal Israel di Tepi Barat

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas