Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun
Deutsche Welle

Jokowi soal Penundaan ASN ke IKN: Pindah Tak Segampang yang Dibayangkan

Karena itu dia sering bolak-balik ke IKN untuk memeriksa progres perkembangan IKN, kata Jokowi.

zoom-in Jokowi soal Penundaan ASN ke IKN: Pindah Tak Segampang yang Dibayangkan
Deutsche Welle
Jokowi soal Penundaan ASN ke IKN: Pindah Tak Segampang yang Dibayangkan 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap alasan pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Ibu Kota Nusantara (IKN) ditunda. Jokowi mengakui fasilitas di lapangan belum siap sepenuhnya.

"Ya semuanya kan di lihat fasilitas-fasilitas yang ada sudah siap belum. Memang sebagian sudah siap tapi sebagian juga belum. Saya kira kita pindah itu kalau betul-betul siap, termasuk saya ini juga sama. Pindah betul-betul memang harus siap betul," kata Jokowi kepada wartawan usai meresmikan Flyover Juanda, di Surabaya, Jumat (6/9/2024).

Jokowi mengatakan karena itu lah ia kerap ke IKN selama beberapa hari untuk memeriksa progres perkembangan IKN. Jokowi mengatakan proyek pembangunan ibu kota sebuah pekerjaan besar.

"Tapi akan kita terus berkunjung ke sana, tiga hari, empat hari, untuk terus mengkonsolidasi dengan Pak Kepala OIKN agar apa yang sudah kita rencanakan sesuai dengan target yang ditentukan. Ini pekerjaan besar, IKN itu pekerjaan yang sangat besar sekali," ujarnya.

Menurutnya, pemindahan ASN tidak segampang yang dibayangkan. Jokowi menyebut perlunya kesiapan hal-hal lain seperti air dan listrik.

"Jadi tidak segampang yang kita bayangkan pindah, langsung pindah, karena menyangkut pindah apakah rumahnya siap, apakah apartemennya siap. Kalau apartemennya siap apakah airnya juga siap, listriknya juga siap, semuanya ini perlu," lanjut Jokowi.

"Ini kan kita membangun sebuah ekosistem besar, di mana nanti kita harapkan nanti betul-betul interaksi di antara masyarakat di antara warga yang tinggal di IKN betul-betul sebuah komunitas yang hidup, baik dari sisi ekonomi, sosial budaya dan lain-lain," ujarnya.

BERITA TERKAIT

Saat ditanya kapan semua hal tersebut akan siap, Jokowi meminta agar hal teknis ditanyakan ke Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono. "Ditanyakan seperti itu, kalau hal hal teknis ke Kepala OIKN, Pak Basuki ada di dekat saya," ujarnya.

Sebelumnya, direncanakan kalau pemindahan ASN akan dimulai pada September. Namun, arahan terbaru Jokowi agar pemindahan ditunda karena fasilitas yang belum siap.

Sumber: Deutsche Welle
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas