Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Netanyahu Menyebut Tidak ada Kesepakatan Gencatan Senjata yang Sedang Dibuat

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu menyatakan Tidak ada kesepakatan gencatan senjata yang sedang dibuat.

Editor: Muhammad Barir
zoom-in Netanyahu Menyebut Tidak ada Kesepakatan Gencatan Senjata yang Sedang Dibuat
rntv/tangkap layar
Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu mempresentasikan peta rencana pendudukan Israel. Tak ada nama wilayah Tepi Barat di peta tersebut yang mengindikasikan kalau Israel sudah menganggap West Bank sebagai teritorial mereka, bukan wilayah Palestina. 

Netanyahu Menyebut Tidak ada Kesepakatan Gencatan Senjata yang Sedang Dibuat

TRIBUNNEWS.COM- Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu menyatakan Tidak ada kesepakatan gencatan senjata yang sedang dibuat.

Pejabat Gedung Putih mengklaim minggu ini bahwa kesepakatan gencatan senjata dan pertukaran tahanan antara Israel dan Hamas telah "90 persen" selesai.




Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa gencatan senjata Gaza dan kesepakatan pertukaran tahanan antara Israel dan Hamas tidak akan segera terjadi, bertentangan dengan pernyataan Gedung Putih yang mengklaim sebaliknya, CNN melaporkan pada tanggal 6 September.

"Tidak ada kesepakatan yang sedang dibuat," kata Netanyahu kepada Fox News. "Sayangnya, kesepakatan itu belum dekat."

Pada hari Minggu, Presiden AS Joe Biden mengatakan bahwa kedua belah pihak hampir mencapai kesepakatan.

Pada hari Rabu, seorang pejabat senior pemerintah mengklaim 90 persen dari kesepakatan telah selesai.

BERITA TERKAIT

"Itu sama sekali tidak akurat. Ada cerita, narasi di luar sana, bahwa ada kesepakatan di luar sana," kata perdana menteri Israel menanggapi klaim AS tersebut.

Ketika ditanya tentang komentar Netanyahu, juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby mengatakan, "Saya tidak akan terlibat dalam perdebatan publik melalui Anda semua di media dengan Perdana Menteri Netanyahu."

"Saya hanya akan mengatakan bahwa proses ini, kadang kala, rumit. Kami telah menghadapi banyak kemunduran dan kemunduran, dan tidak diragukan lagi, kami di pemerintahan ini merasa frustrasi karena kami masih belum dapat menyelesaikan kesepakatan ini," katanya.

CNN mencatat, “Para pejabat AS enggan mengkritik Netanyahu secara langsung – meskipun ia telah berulang kali menentang posisi pemerintahan dan meragukan kepatuhannya terhadap kesepakatan potensial.”

Karena tidak ada kesepakatan antara Israel dan Hamas, keluarga tentara yang berkewarganegaraan ganda Israel-AS yang ditahan Hamas telah mendesak Gedung Putih untuk mempertimbangkan secara serius kesepakatan sepihak dengan gerakan perlawanan Palestina untuk membebaskan mereka. Opsi tersebut saat ini sedang dibahas di antara pejabat Gedung Putih, menurut lima orang yang mengetahui diskusi tersebut dan berbicara dengan NBC News.

Ada empat warga negara AS yang tersisa yang ditahan Hamas dan AS yakini masih hidup, dan tiga lainnya diyakini telah meninggal.

Gedung Putih telah mulai menyusun daftar tahanan di AS yang pembebasannya dapat menguntungkan Hamas sebagai bagian dari pengamanan kesepakatan pembebasan tahanan AS-Israel, menurut empat pejabat saat ini dan mantan pejabat. Seorang pejabat mengatakan ada lima orang dalam daftar tersebut.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas