Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ketua Partai Komeito Jepang Tidak Ikut Pemilu, Pensiunkan Diri

Mengenai pengganti Natsuo Yamaguchi berharap ada yang akan maju namun ia menahan diri untuk tidak menyebutkan nama orang tertentu

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Ketua Partai Komeito Jepang Tidak Ikut Pemilu, Pensiunkan Diri
Richard Susilo
Natsuo Yamaguchi Ketua partai Komei (Komeito) koalisi Jepang 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Ketua Partai Komeito Natsuo Yamaguchi mengumumkan Selasa ini (10/9/2024) bahwa dia tidak akan mencalonkan diri untuk pemilihan perwakilan berikutnya dan akan mengundurkan diri pada akhir masa jabatannya saat ini, yang berakhir pada 28 September.

Untuk pertama kalinya dalam 15 tahun, Partai Komeito Baru akan memiliki Ketua yang baru nantinya.




Masa jabatan ke delapan Ketua Komeito akan berakhir pada kongres partai pada 28 September 2024.

Menanggapi hal ini, Yamaguchi mengatakan pada konferensi pers hari ini.

"Saya ingin menjelaskan bahwa saya tidak akan mencalonkan diri dalam pemilihan perwakilan Komeito yang akan datang dan tidak akan mencalonkan diri untuk pemilihan perwakilan berikutnya dan akan pensiun pada akhir masa jabatannya saat ini," katanya.

Baca juga: Menteri Kono akan Minta Presiden Israel Hentikan Perang Bila Jadi PM Jepang

Melihat pemilihan presiden LDP dan pemilihan perwakilan Partai Demokrat Konstitusional Jepang (CDP), jelas bahwa generasi politik berikutnya akan bertanggung jawab atas politik di usia 60-an atau lebih muda.

BERITA TERKAIT

"Sebagai seseorang yang berusia di atas 70 tahun, saya telah memutuskan bahwa saya harus meneruskan tongkat estafet kepada generasi berikutnya," tuturnya.

Dia mengungkapkan keinginannya untuk mempromosikan perubahan generasi dalam tim eksekutif partai.

Mengenai pengganti dirinya berharap ada yang akan maju namun ia menahan diri untuk tidak menyebutkan nama orang tertentu.

Di sisi lain, ketika ditanya apakah dia memiliki harapan tinggi untuk Sekretaris Jenderal Ishii.

"Dia memainkan peran utama dalam mendukung perwakilan sebagai Sekretaris Jenderal, dan dia adalah politisi yang baik dengan kemampuan dan wawasan yang cukup," katanya.

Adapun bagaimana menghadapi pemilihan Dewan Penasihat tahun depan, ketika masa jabatannya berakhir, dia berkata, "Masih ada pekerjaan yang harus dilakukan untuk membuat keputusan resmi, dan saya ingin membuat keputusan akhir tentang diri saya sendiri."

Dengan pengunduran diri Yamaguchi, Partai Komeito akan memiliki perwakilannya yang diganti untuk pertama kalinya dalam 15 tahun, dan pemilihan perwakilan untuk memilih penggantinya akan diumumkan pada 18 September.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas