Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun
Deutsche Welle

Ukraina Segera Gunakan Misil Domestik untuk Lawan Rusia?

Guna mengurangi ketergantungan pada mitra Barat, Ukraina mengembangkan produksi rudal jarak jauh sendiri untuk melawan Rusia. Presiden…

zoom-in Ukraina Segera Gunakan Misil Domestik untuk Lawan Rusia?
Deutsche Welle
Ukraina Segera Gunakan Misil Domestik untuk Lawan Rusia? 

Sejak Rusia memulai perang Ukraina pada Februari 2022, militer mereka menggunakan senjata jarak jauh yang diproduksi di dalam negeri. Namun, pasukan Ukraina belum mampu melawan dengan senjata sendiri.

Apalagi rudal yang diterima Ukraina dari sekutunya tidak boleh digunakan untuk menyerang wilayah Rusia.

Untuk memperkuat pertahanan dan mengurangi ketergantungan pasokan senjata dari mitranya, Ukraina berupaya menjalankan program misil sendiri.

"Orang Rusia akan kesulitan bahkan untuk mengucapkan namanya. Akan sama sulitnya bagi mereka untuk mempertahankan diri terhadap pesawat nirawak ini," Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy bergurau tentang pesawat nirawak tempur Palyanytsya yang baru.

Palyanytsya adalah kata dalam bahasa Ukraina untuk roti dan sering digunakan untuk bercanda, karena sebagian besar orang Rusia sulit mengucapkannya.

Ayo berlangganan newsletter mingguan Wednesday Bite. Recharge pengetahuanmu di tengah minggu, biar topik obrolan makin seru!

"Ada beberapa komponen dari luar negeri, tetapi desain dan seluruh produksinya didatangkan dari Ukraina," kata Alexander Kamyshin, Menteri Industri Strategis Ukraina, kepada DW.

BERITA TERKAIT

Menurut United24, situs pemerintah Ukraina yang mengunggah video pesawat nirawak Palyanytsya, para spesialis Ukraina mengembangkan senjata ini selama 1,5 tahun.

Palyanytsya dilengkapi dengan mesin turbo jet dan punya kecepatan yang jauh lebih tinggi daripada pesawat nirawak bermesin normal. Pesawat ini juga dilengkapi dengan sejumlah sistem navigasi.

Sasaran utama pesawat nirawak tempur Palyanytsya kemungkinan besar adalah sekitar 20 pangkalan udara militer Rusia tempat pasukan negara itu menembaki Ukraina. Beberapa di antaranya berjarak sekitar 600 dan 700 kilometer dari perbatasan Ukraina.

Menurut United24, biaya membuat pesawat nirawak tempur ini "jauh lebih rendah daripada rudal analog" dan biayanya masih bisa ditekan lagi. Semua informasi lainnya masih dirahasiakan.

Namun, Serhiy Zgurets, CEO perusahaan media Ukraina Defense Express, mengatakan kepada DW bahwa saat ini belum memungkinkan untuk menilai efektivitas Palyanytsya secara akurat.

"Saat ini, jangkauan adalah satu-satunya parameter yang membantu kami mengevaluasi senjata. Namun, jangkauan bukanlah hal yang paling penting, melainkan bobot hulu ledak dan akurasi serangan."

Neptun, rudal dengan jangkauan laut dan darat

Shurez mengatakan Ukraina telah mencapai sejumlah prestasi di bidang program rudal dalam beberapa tahun terakhir.

Halaman
12
Sumber: Deutsche Welle
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas