Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Puluhan Roket Al-Qassam Hujani Pangkalan Militer Israel di Galilea, Hamas Ditekan Setujui Proposal

Serangan Brigade al-Qassam menargetkan markas besar Brigade Barat ke-300 pendudukan Israel di Khirbet Maar, yang terletak di Galilea barat.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Puluhan Roket Al-Qassam Hujani Pangkalan Militer Israel di Galilea, Hamas Ditekan Setujui Proposal
Aljazeera
Brigade al-Qassam menembakkan 30 roket dari Lebanon selatan yang menargetkan pangkalan militer Israel di Palestina utara dengan menargetkan markas besar Brigade Barat ke-300 pendudukan Israel di Khirbet Maar, yang terletak di Galilea barat. 

 

TRIBUNNEWS.COM - Brigade al-Qassam menembakkan 30 roket dari Lebanon selatan yang menargetkan pangkalan militer Israel di Palestina utara.

Kelompok perlawanan Palestina mengumumkan, serangan tersebut dilakukan sebagai bagian dari kampanye Banjir Al-Aqsa yang sedang berlangsung, dengan menargetkan markas besar Brigade Barat ke-300 pendudukan Israel di Khirbet Maar, yang terletak di Galilea barat.




Brigade al-Qasam menyebutkan bahwa serangan tersebut ditujukan pada posisi artileri brigade, pusat pemeliharaan, dan area berkumpul pasukan Israel.

Di Gaza, Brigade al-Quds mengumumkan bahwa para pejuangnya menghancurkan sebuah kendaraan militer menggunakan alat peledak yang menembus lapis baja di Jalan Mansoura dekat zona industri di al-Shujaiya.

Pasukan IOF mengkonfirmasi kematian dua tentara dan cederanya tujuh lainnya setelah jatuhnya sebuah helikopter militer di Gaza karena “kerusakan teknis.”

Helikopter tersebut terlibat dalam operasi evakuasi seorang tentara yang terluka di Rafah.

BERITA TERKAIT

Atau Heller, koresponden militer Channel 13 Israel menggambarkan insiden tersebut sebagai "bencana besar bagi angkatan udara", dan menambahkan bahwa "ini adalah pertama kalinya helikopter Black Hawk jatuh, karena dianggap sebagai pesawat yang sangat aman dan kuat."

Sementara itu, Qatar dan Mesir meminta Hamas agar menyetujui perubahan proposal 'kecil' yang mereka ajukan.

Sumber senior kelompok perlawanan Palestina mengatakan kepada Al Mayadeen bahwa mereka menegaskan komitmennya terhadap proposal tanggal 2 Juli.

Sebelumnya telah digelar pertemuan tripartit antara mediator Qatar dan Mesir serta gerakan Perlawanan Palestina Hamas untuk membahas penyelesaian stagnasi negosiasi, kata sumber senior tersebut, Rabu kemarin.

Baca juga: Jubir Brigade Al-Qassam Abu Ubaida Rilis Instruksi Baru: Sandera Israel Bisa Pulang di Dalam Peti

Sumber tersebut menyatakan, Hamas menegaskan kembali komitmen mereka terhadap proposal 2 Juli, yang awalnya diajukan oleh Presiden AS Joe Biden dan disetujui oleh semua pihak kecuali “Israel.”

Namun, kemudian diungkapkan oleh penasihat keamanan nasionalnya bahwa hal itu berasal dari dokumen Israel.

Menurut sumber tersebut, para mediator meminta sedikit perubahan, terutama terkait penarikan Israel dari koridor Philadelphi dan kriteria pembebasan tawanan.

Pasukan pendudukan Israel mendekati pemukiman di Jalur Gaza pada 15 Oktober 2023.
Pasukan pendudukan Israel mendekati pemukiman di Jalur Gaza pada 15 Oktober 2023. (AFP/Al Mayadeen)
Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas