Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

HRW Serukan Sanksi Terhadap Menteri Israel Ben-Gvir, Disebut Distribusikan Senjata ke Pemukim Ilegal

HRW menyebut Itamar Ben-Gvir telah mendistribusikan senjata kepada pemukim Israel.

Penulis: Nuryanti
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in HRW Serukan Sanksi Terhadap Menteri Israel Ben-Gvir, Disebut Distribusikan Senjata ke Pemukim Ilegal
AMIR COHEN / POOL / AFP
Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir. HRW menyebut Itamar Ben-Gvir telah mendistribusikan senjata kepada pemukim Israel. 

TRIBUNNEWS.COM - Human Rights Watch (HRW) telah meminta pemerintah Barat untuk berbuat lebih banyak untuk mengakhiri pelanggaran Israel di Tepi Barat yang diduduki.

Permintaan ini termasuk dengan menjatuhkan sanksi kepada menteri pemerintah yang bertanggung jawab atas penggunaan kekuatan mematikan yang melanggar hukum di wilayah tersebut.

Menteri Keamanan Nasional sayap kanan Israel, Itamar Ben-Gvir, termasuk dalam menteri yang didesak HRW agar diberi sanksi.




HRW menyebut Itamar Ben-Gvir telah mendistribusikan senjata kepada pemukim Israel.

Itamar Ben-Gvir juga dianggap mengarahkan polisi untuk tidak menegakkan hukum terhadap pemukim yang melakukan kekerasan.

“Selama berbulan-bulan, mata dunia tertuju pada Gaza, tetapi pencegahan kekejaman juga diperlukan di Tepi Barat,” kata Direktur Advokasi Krisis HRW, Akshaya Kumar, Jumat (13/9/2024), dikutip dari Al Jazeera.

Operasi Israel di Tepi Barat

Ketegangan dan kekerasan di Tepi Barat, yang telah lama menjadi daerah bermasalah, telah meningkat sejak dimulainya perang di Gaza.

BERITA TERKAIT

Dilansir USA Today, ketika pasukan Israel melancarkan operasi berskala besar di wilayah tersebut, muncul kekhawatiran bahwa perang di Gaza berpotensi menyebar perlahan ke wilayah yang direbut Israel dalam perang Timur Tengah tahun 1967 itu.

Secara lebih luas, perang Israel dengan Hamas di Gaza telah mengalihkan perhatian dari apa yang disebut oleh lembaga pemikir International Crisis Group sebagai "kekerasan sistemik dan berkembang oleh pemukim Israel terhadap warga Palestina" di Tepi Barat.

Dalam laporan yang diterbitkan bulan ini, International Crisis Group mengatakan kekerasan pemukim terhadap warga Palestina − yang digambarkannya sebagai warga Israel yang tinggal di Tepi Barat yang diduduki yang meneror, menyakiti, dan terkadang membunuh warga Palestina serta menghancurkan properti mereka, terkadang bertindak bersama-sama dengan tentara – telah mencapai titik tertinggi sepanjang masa.

Baca juga: Terjadi Lagi, Pria Bakar Diri di Luar Gedung Konsulat Israel di AS, Diduga Aksi Memprotes Israel

Dari 7 Oktober hingga 12 Agustus, terjadi 1.264 serangan pemukim terhadap warga Palestina di Tepi Barat, yang mengakibatkan 21 warga Palestina meninggal dan 643 orang terluka, menurut data PBB yang diberikan kepada International Crisis Group.

Menurut International Crisis Group, lebih dari 1.300 warga Palestina telah diusir dari rumah mereka selama kurun waktu tersebut.

Menurut data PBB, dalam kurun waktu yang sama, lima pemukim Israel telah tewas di Tepi Barat.

Secara keseluruhan, 273 warga Palestina telah tewas dalam insiden terkait konflik di Tepi Barat pada tahun 2024 hingga pertengahan Agustus, menurut PBB.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas