Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Spesifikasi Jet MiG-29, Bakal Dikirim Polandia ke Ukraina, Berani Duel Lawan Sukhoi dan MiG-29 Rusia

Polandia tengah membuat pertimbangan untuk mengirim jet tempur MiG-29 ke Ukraina, pesawat yang mampu bersaing dengan Sukhoi dan MiG-29 Rusia

Penulis: Facundo Chrysnha Pradipha
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Spesifikasi Jet MiG-29, Bakal Dikirim Polandia ke Ukraina, Berani Duel Lawan Sukhoi dan MiG-29 Rusia
Angkatan Udara Ukraina
Pesawat jet tempur MiG-29 Ukraina 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Polandia, Radoslaw Sikorski, telah mengakui kemungkinan memasok Ukraina dengan jet tempur tambahan untuk mendukung pertahanan udara mereka.

Di antara peralatan yang sedang dipertimbangkan untuk dikirim adalah pesawat MiG-29, yang juga sangat penting bagi kemampuan pertahanan udara Polandia.

Namun, Sikorski menekankan pemindahan tersebut hanya dapat dilakukan jika sekutu Polandia memberikan dukungan dalam patroli wilayah udaranya.




Ini akan memastikan kebutuhan pertahanan Polandia tetap terpenuhi sembari membantu Ukraina.

Kendati demikian, informasi lebih rinci tentang jadwal dan jumlah pesawat tidak diungkapkan, tetapi pernyataan tersebut menyoroti diskusi yang sedang berlangsung tentang cara terbaik untuk membantu Ukraina di tengah konflik yang sedang berlangsung.

Ketika ketegangan terus berlanjut di kawasan tersebut, kerja sama antara sekutu NATO dan Ukraina tetap menjadi faktor kunci dalam menjaga stabilitas dan keamanan kawasan.

Polandia akan mengirim 4 jet tempur MiG-29 untuk membantu Ukraina menghadapi perlawanan Rusia.
Polandia akan mengirim 4 jet tempur MiG-29 untuk membantu Ukraina menghadapi perlawanan Rusia. (Airforce-technology.com)

Tentang Jet Tempur MiG-29

Dikutip dari The National Interest, Mikoyan MiG-29 telah memainkan peran penting dalam pertahanan Ukraina melawan Rusia meskipun sudah ketinggalan zaman.

BERITA TERKAIT

Awalnya dikembangkan pada 1970-an sebagai pesawat tempur generasi keempat Soviet, pesawat ini telah digunakan untuk memperebutkan wilayah udara dan mengurangi superioritas udara Rusia.

Armada Ukraina, yang dilengkapi sumbangan dari Polandia dan Slovakia, terbukti efektif tetapi pada akhirnya akan digantikan oleh F-16 buatan Amerika.

MiG-29 memiliki kelincahan dan kemampuan persenjataan yang luar biasa, meskipun tidak memiliki kemajuan modern yang ditemukan pada pesawat tempur Barat kontemporer.

Salah satu kejutan awal dari invasi Rusia ke Ukraina adalah kegagalan Moskow mengamankan wilayah udara di atas Ukraina. Kegagalan itu membuat Rusia harus berjuang keras selama beberapa tahun di darat.

Baca juga: Peringatan Putin: Sekutu Ukraina dari NATO, AS, Negara Eropa Berarti Sedang Berperang dengan Rusia

Bahkan hingga kini, di tahun ketiga konflik, wilayah udara Ukraina masih diperebutkan meskipun Rusia memiliki keunggulan di udara.

Salah satu alat yang diandalkan Ukraina untuk memperebutkan wilayah udara mereka dan mengurangi keuntungan Rusia adalah pesawat tempur Mikoyan MiG-29.

Armada MiG-29 Ukraina bukanlah jawaban yang sempurna – banyak rangka pesawat yang sudah ketinggalan zaman dan terbengkalai – tetapi jet era Perang Dingin itu telah cukup membantu.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas