Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Waspada Serangan Hizbullah, Israel Pindah Divisi ke-98 dari Jalur Gaza ke Perbatasan Utara

Israel memindahkan Divisi ke-98 dari Jalur Gaza ke perbatasan di utara setelah meledakkan ribuan perangkat pager Hizbullah secara serentak kemarin.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Nanda Lusiana Saputri
zoom-in Waspada Serangan Hizbullah, Israel Pindah Divisi ke-98 dari Jalur Gaza ke Perbatasan Utara
Instagram @b.netanyahu
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyapa para tentara Israel. --- Israel memindahkan Divisi ke-98 dari Jalur Gaza ke perbatasan utara. 

TRIBUNNEWS.COM - Tentara Israel memindahkan Divisi ke-98 dari Jalur Gaza ke Komando Utara di perbatasan Israel utara, wilayah Palestina yang diduduki.

Pemindahan pasukan tersebut merupakan bagian dari persiapan untuk kemungkinan perluasan perang melawan Hizbullah.

"Divisi ke-98 telah mengakhiri operasinya saat ini di Jalur Gaza, dan pasukannya dipindahkan ke wilayah utara," lapor Radio Tentara Israel, Rabu (18/9/2024).

Perpindahan divisi tersebut dari pertempuran di Jalur Gaza terjadi setelah Israel diduga meledakkan alat komunikasi pager di Lebanon, Selasa (17/9/2024).

Pergerakan itu juga menyusul pernyataan Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant, pusat "gravitasi" bergerak ke arah utara.

Divisi ke-98 dianggap sebagai salah satu divisi elit Israel.

Pasukan tersebut akan bergabung dengan Pasukan Terjun Payung dan Komando, serta Divisi ke-36 di bawah Komando Utara Israel.

BERITA TERKAIT

Surat kabar Israel, The Times of Israel, mengatakan Divisi ke-98 mencakup sekitar 10.000-20.000 tentara.

Israel Diduga Ledakkan Pager Hizbullah

Situasi di perbatasan Lebanon selatan dan Israel utara, wilayah Palestina yang diduduki, semakin memanas setelah Israel diduga meledakkan alat komunikasi pager Hizbullah pada Selasa kemarin.

Setidaknya 11 orang tewas dan lebih dari 3.000 orang terluka dalam ledakan serentak tersebut, menurut laporan The New York Times.

Baca juga: Info Peretasan Bocor, Israel Curi Start dan Langsung Ledakkan Pager Hizbullah secara Massal

Perangkat tersebut diduga diimpor sekitar 5 bulan lalu dan diduga disusupi bahan peledak selama pengirimannya sebelum tiba di Lebanon.

Perusahaan Gold Apollo yang berbasis di Taiwan mengatakan pager yang meledak di Lebanon bukan berasal dari pabriknya di Taiwan, melainkan dari perusahaan di Hungaria yang menggunakan lisensinya.

Sementara itu Hizbullah menuduh Israel sebagai dalang serangan tersebut dan berjanji akan membalasnya.

Pager adalah perangkat nirkabel kecil mirip telepon genggam yang dapat menerima pesan dan beroperasi dengan mengandalkan frekuensi radio.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas