Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Perburuan Asal-Usul Serangan Ledakan Pager di Lebanon Melebar sampai Hungaria dan Bulgaria

Israel secara luas diyakini telah melakukan serangan terhadap Hizbullah, meskipun belum mengklaim serangan tersebut.

Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Sri Juliati
zoom-in Perburuan Asal-Usul Serangan Ledakan Pager di Lebanon Melebar sampai Hungaria dan Bulgaria
Samaa TV
Ilustrasi pager (kanan) dan korban ledakan pager 

TRIBUNNEWS.COM – Penyelidikan tentang asal-usul pager yang meledak secara massal di Lebanon merembet hingga Bulgaria dan Hungaria.

Israel dipandang luas sebagai dalang di balik ledakan ribuan pager yang digunakan pejuang Hizbullah pada Selasa (17/9/2024).

Sejak kapan dan bagaimana serangan pager itu dilakukan masih belum diketahui, meski ada kemungkinan peran dari Taiwan, Hungaria, dan Bulgaria, menurut laporan The New Arab.

Tidak jelas bagaimana rinciannya dan kapan pager tersebut diubah menjadi senjata sehingga dapat diledakkan dari jarak jauh.

Pertanyaan serupa juga muncul terkait dengan ratusan radio walkie-talkie yang meledak pada Rabu, sehari setelah ledakan pager.

Satu teori adalah bahwa pager tersebut disabotase dan dihubungkan dengan bahan peledak setelah meninggalkan pabrik.

Teori lainnya adalah bahwa Israel mengatur seluruh rantai pasokan tersebut.

BERITA TERKAIT

Taiwan dan Hungaria

Foto-foto pager yang meledak, yang dianalisis oleh Reuters, menunjukkan format yang konsisten dengan perangkat yang dibuat oleh Gold Apollo Taiwan.

Serpihan pager yang meledak di Lebanon dan menewaskan 9 orang serta melukai hampir 3000 orang pada Selasa, 17 September 2024. Foto ini beredar luas di media sosial Telegram.
Serpihan pager yang meledak di Lebanon dan menewaskan 9 orang serta melukai hampir 3000 orang pada Selasa, 17 September 2024. Foto ini beredar luas di media sosial Telegram. (Telegram)

Namun, Gold Apollo mengatakan pada Rabu, pager tersebut dibuat oleh BAC Consulting, sebuah perusahaan yang berpusat di ibu kota Hungaria, Budapest.

Pada Rabu, pemilik sekaligus CEO BAC Consulting, Cristiana Barsony-Arcidiacono, mengatakan kepada NBC News bahwa perusahaannya bekerja sama dengan Gold Apollo, tetapi dia tidak terlibat dalam pembuatan pager tersebut.

Baca juga: Sosok Wanita yang Dituduh Pembuat Pager yang Meledak di Lebanon, Mengaku Hanya Perantara

"Saya hanya perantara. Saya pikir Anda salah," katanya kepada NBC.

Bulgaria

Pihak berwenang Bulgaria mengatakan pada Kamis (19/9/2024), kementerian dalam negeri dan dinas keamanan negara tersebut telah membuka penyelidikan terhadap kemungkinan peran sebuah perusahaan dalam ledakan pager Lebanon.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas