Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hakim Ziyech Kecam Maroko Gegara Normalisasi: Persetan dengan Israel, Bebaskan Palestina

Kritik Ziyech terhadap pemerintah Maroko muncul di tengah meningkatnya tekanan pada pemerintah Maroko untuk membatalkan normalisasi dengan Israel

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Hakim Ziyech Kecam Maroko Gegara Normalisasi: Persetan dengan Israel, Bebaskan Palestina
tangkap layar The Arab News/Getty
Pesepakbola Maroko yang bermain di klub Galatasaray, Hakim Ziyech mengibarkan bendera Palestina selama perayaan Galatasaray atas kejuaraan Liga Super Turki bersama para pemain tim di RAMS Park di Istanbul, Turki pada 27 Mei 2024. 

Hakim Ziyech Kecam Maroko Gegara Normalisasi: Persetan dengan Israel!

TRIBUNNEWS.COM - Pesepak bola Maroko-Belanda Hakim Ziyech pada Jumat (20/9/2024) mengecam pemerintah Maroko karena menormalisasi hubungan dengan Israel.

Kecaman itu dilontarkan Bintang Timnas Maroko tersebut setelah mengutuk kebrutalan tentara Israel terhadap warga Palestina di Gaza dan Tepi Barat

Pada Jumat, pemain klub Turki Galatasaray itu mengunggah ulang sebuah video di platform media sosial Instagram yang menunjukkan tentara Israel melemparkan mayat warga Palestina yang terbunuh dari atap di kota Qabatiya di Tepi Barat yang diduduki.

Baca juga: Rekaman Tunjukkan Aksi Kejam Tentara Israel Dorong Jenazah Pakai Kaki dari Atap di Qabatiyah

Setidaknya tujuh warga Palestina tewas dalam serangan Israel di kota itu pada hari Kamis.

Rekaman yang dibagikan oleh Ziyech tampak menunjukkan seorang tentara Israel mendorong salah satu mayat warga Palestina yang tewas dengan kakinya ke tepi atap, akhirnya melemparkan mayat itu dari atap.

Mengomentari video itu, Ziyech menulis, "Mari kita perjelas satu hal. Persetan dengan Israel dan setiap negara lain yang mendukung perilaku semacam ini. Bebaskan Palestina."

BERITA TERKAIT

Ia kemudian menuduh Maroko terlibat dengan Israel dalam penindasan terhadap warga Palestina, dengan menunjukkan bahwa Maroko telah menjalin hubungan dengan Israel selama perang Gaza.

Dalam unggahan lanjutan, ia mengatakan bahwa komentarnya sebelumnya secara khusus ditujukan kepada Maroko.

 "Pemerintah negara kita sendiri [Maroko] yang mendukung genosida dan semua negara yang mendukungnya."

"Anda memalukan. Sudah cukup," tambahnya.

Ia juga meminta warga Maroko di seluruh negeri dan orang-orang di seluruh dunia untuk menyuarakan Palestina dan perjuangan Palestina. kata lansiran TNA.

Pernyataan Ziyech yang mendukung Palestina telah memicu reaksi beragam di antara para pengikutnya dan masyarakat luas.

Pesepakbola Maroko yang bermain di klub Galatasaray, Hakim Ziyech mengibarkan bendera Palestina
Pesepakbola Maroko yang bermain di klub Galatasaray, Hakim Ziyech mengibarkan bendera Palestina selama perayaan Galatasaray atas kejuaraan Liga Super Turki bersama para pemain tim di RAMS Park di Istanbul, Turki pada 27 Mei 2024.

Timbulkan Pro-Kontra

Banyak pendukung pro-Palestina memuji pesepakbola tersebut karena menggunakan platformnya untuk menyoroti penderitaan warga Palestina - mengingat pengaruhnya sebagai bintang sepak bola yang terkenal.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas