Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Cendekiawan Muslim Menyerukan Aksi Kolektif Melawan Israel, Perlu Persatuan di Seluruh Dunia Muslim

Persatuan Cendekiawan Muslim Internasional (IUMS), pada hari Senin, menyerukan kepada dunia Islam untuk segera mengambil tindakan

Editor: Muhammad Barir
zoom-in Cendekiawan Muslim Menyerukan Aksi Kolektif Melawan Israel, Perlu Persatuan di Seluruh Dunia Muslim
Tangkapan layar britannica
Masjid Al Aqsa di Palestina. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah menyetujui permintaan menteri keamanan ekstremisnya, Itamar Ben Gvir, untuk membatasi akses warga Palestina ke Masjid Al-Aqsa di Yerusalem yang diduduki selama bulan Ramadhan mendatang. Pemerintah membuat keputusan yang memungkinkan kebebasan beragama dengan batasan keamanan yang diperlukan, yang telah ditetapkan oleh pejabat profesional, kata kantor Netanyahu dalam sebuah pernyataan pada 18 Februari. 

Cendekiawan Muslim Menyerukan Aksi Kolektif Melawan Israel, Perlunya Persatuan di Seluruh Dunia Muslim

TRIBUNNEWS.COM- Cendekiawan Muslim menyerukan aksi kolektif melawan Israel.

Persatuan Cendekiawan Muslim Internasional (IUMS), pada hari Senin, menyerukan kepada dunia Islam untuk segera mengambil tindakan Arab-Islam guna melawan operasi militer Israel di Gaza dan Lebanon.

Dalam sebuah posting di X, Ali Mohiuddin Al-Qaradaghi, kepala IUMS, mendesak dunia Islam dan Arab untuk mengadakan pertemuan puncak darurat untuk mengatasi “agresi Zionis”.

Ia memperingatkan bahwa tindakan Israel tidak hanya menargetkan Gaza dan Lebanon, tetapi juga menimbulkan ancaman yang lebih luas terhadap “semua ibu kota dan negara Arab dan Islam”.

Al-Qaradaghi menekankan perlunya persatuan di seluruh dunia Muslim, dan menyatakan bahwa perbedaan politik atau sektarian tidak boleh menghalangi tindakan kolektif melawan “proyek Zionis”.

Ia mengatakan Israel tidak membeda-bedakan umat Muslim ketika “melakukan genosida” terhadap mereka dan umat Muslim tidak boleh dipecah belah dalam hal ini.

BERITA TERKAIT

Ia berpendapat bahwa konflik yang sedang berlangsung mempengaruhi semua Muslim dan menyerukan dukungan untuk Gaza, termasuk bantuan militer, ekonomi, dan kemanusiaan.

Al-Qaradaghi juga menyarankan agar negara-negara Muslim mempertimbangkan tindakan ekonomi, seperti menghentikan ekspor minyak dan gas serta memutus hubungan diplomatik dengan Israel, untuk menekan diakhirinya agresi.

Al-Qaradaghi lebih lanjut mengkritik tidak adanya tindakan, dengan menegaskan bahwa diamnya dalam menghadapi kebijakan Israel hanya memperburuk penderitaan rakyat di wilayah tersebut.

“Apa yang kita saksikan hari ini dari serangan terhadap Lebanon dan Gaza adalah serangan terhadap martabat rakyat dan tanah kami, dan tidak boleh dibiarkan terus berlanjut,” katanya.

Tentara Israel menyerang lebih dari 300 target di seluruh Lebanon sejak Senin pagi, menandai pemboman terberat sejak dimulainya permusuhan 8 Oktober lalu.

Kementerian Kesehatan Lebanon mengatakan sedikitnya 182 orang tewas dan 727 lainnya terluka dalam serangan Israel sejak pagi.

Ketegangan meningkat antara Hizbullah dan Israel menyusul serangan udara mematikan pada hari Jumat yang menewaskan sedikitnya 45 orang, termasuk anak-anak dan wanita, dan melukai puluhan lainnya di pinggiran selatan Beirut.

Hizbullah mengonfirmasi bahwa sedikitnya 16 anggotanya, termasuk pemimpin senior, Ibrahim Aqil, dan Panglima Tertinggi, Ahmed Wahbi, tewas dalam serangan Israel.

Serangan itu terjadi dua hari setelah sedikitnya 37 orang tewas dan lebih dari 3.000 lainnya terluka dalam dua gelombang ledakan perangkat komunikasi nirkabel di Lebanon.

Sementara pemerintah Lebanon dan Hizbullah menyalahkan Israel atas ledakan tersebut, Tel Aviv tidak membantah atau mengonfirmasi keterlibatannya.

Hizbullah dan Israel telah terlibat dalam perang lintas perbatasan sejak dimulainya perang Israel di Gaza, yang telah menewaskan lebih dari 41.400 orang, sebagian besar wanita dan anak-anak, menyusul serangan lintas perbatasan oleh Hamas Oktober lalu.


SUMBER: MIDDLE EAST MONITOR

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas