Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jenderal Israel: Hizbullah Belum Lepaskan Kekuatan Penuh, Perang Belum Titik Kritis, Batasi Serangan

Jenderal Israel: Hizbullah 'belum melepaskan kekuatan penuh'. Perang Israel-Hizbullah belum mencapai 'titik kritis'

Editor: Muhammad Barir
zoom-in Jenderal Israel: Hizbullah Belum Lepaskan Kekuatan Penuh, Perang Belum Titik Kritis, Batasi Serangan
X/Telegram/Hizbullah
Rudal Fadi 2 milik Hizbullah yang digunakan untuk melawan Israel dalam Perang Lebanon 2 pada Juli tahun 2006. 

Jenderal Israel: Hizbullah Belum Melepaskan Kekuatan Penuh, Perang Belum Titik Kritis, Saling Batasi Serangan

TRIBUNNEWS.COM- Jenderal Israel: Hizbullah 'belum melepaskan kekuatan penuh'.

Perang Israel-Hizbullah belum mencapai 'titik kritis' karena kedua belah pihak membatasi kedalaman serangan mereka.

Serangan lintas batas antara Israel dan gerakan perlawanan Lebanon, Hizbullah, belum mencapai "titik kritis," karena Hizbullah belum menggunakan rudal tercanggihnya, dan kedua belah pihak telah membatasi kedalaman serangan mereka ke wilayah musuh, seorang brigadir jenderal cadangan Israel dan mantan komandan Komando Pertahanan Udara Israel menulis di Israel Hayom pada tanggal 24 September.

Brigadir jenderal tersebut menulis bahwa “Israel sebagian besar membatasi serangannya ke Lebanon selatan, sementara Hizbullah menargetkan wilayah dari Haifa hingga Tiberias dan ke utara – ironisnya, medan pertempuran yang sama dengan Perang Lebanon Kedua.”

“Yang perlu diperhatikan, Hizbullah belum mengerahkan seluruh kekuatannya, menahan diri dari serangan roket besar-besaran atau mengerahkan amunisi berpemandu presisi,” tambahnya.

Menurut laporan tersebut, perang total tidak akan terjadi sampai Hizbullah memutuskan untuk menyerang wilayah yang lebih dalam, termasuk wilayah Tel Aviv dan infrastruktur penting di dekat Hadera, dan Israel memperluas operasi militernya ke wilayah utara Lebanon, termasuk ibu kota Beirut.

BERITA REKOMENDASI

"Titik kritis menuju perang habis-habisan akan terlihat jelas: Saat kita melihat operasi IDF bergerak maju ke utara Lebanon selatan dan Hizbullah mulai menargetkan wilayah selatan Haifa dan lembah-lembah. Untuk saat ini, kita hanya bisa berharap untuk menghindari eskalasi yang tampaknya tak terelakkan ini saat kita menyaksikan bentrokan yang sedang berlangsung," sang jenderal menyimpulkan.

Ia juga menyoroti kesulitan yang dihadapi Israel dalam memerangi perang multi-front dari semua pihak di Poros Perlawanan, termasuk Perlawanan Islam di Irak, Ansarallah di Yaman, dan faksi-faksi perlawanan di Gaza.

"Skenario yang rumit ini menuntut pasukan keamanan Israel untuk tetap waspada di semua lini. Seiring meningkatnya operasi di Lebanon, saya mengantisipasi peningkatan tantangan di wilayah timur dan selatan," kata jenderal tersebut.

Peringatan sang jenderal bahwa Hizbullah belum menggunakan senjata tercanggihnya muncul setelah Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant pada Senin malam mengklaim bahwa militer Israel menghancurkan puluhan ribu roket Hizbullah dalam "potensi pengubah permainan strategis" bagi gerakan perlawanan Lebanon.

Sementara pejabat pertahanan Israel menilai bahwa 50 persen kemampuan roket Hizbullah hancur dalam serangan hari Minggu di Lebanon, sumber militer mengatakan kepada Times of Israel bahwa "angka-angka tersebut kemungkinan dibesar-besarkan."

Radio Angkatan Darat Israel melaporkan bahwa menurut pejabat keamanan, “Belum ada informasi akurat tentang tingkat kerusakan pada kemampuan militer Hizbullah.”

Yedioth Ahronoth mengutip seorang komandan baterai Gideon Iron Dome yang menyoroti ancaman Hizbullah sambil menyatakan keyakinannya pada kemampuan pertahanan udara Israel.

“Kami tengah mempersiapkan diri menghadapi berbagai tantangan di garis depan utara, mulai dari target roket dan rudal jelajah yang presisi hingga pesawat nirawak. Itu ancaman sehari-hari. Hizbullah terus membaik dari hari ke hari, dan begitu pula kami,” ungkapnya.


SUMBER: THE CRADLE

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas