Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Milisi Irak Bombardir Golan, Houthi Rudal Tel Aviv, Jutaan Warga Israel Sembunyi di Bunker

Menyusul serangan rudal Yaman di Tel Aviv, lebih dari 2 juta pemukim Israel bergegas ke tempat penampungan dan aktivitas Bandara Ben Gurion dihentikan

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Milisi Irak Bombardir Golan, Houthi Rudal Tel Aviv, Jutaan Warga Israel Sembunyi di Bunker
tangkap layar
Rudal balistik Yaman ditembakkan ke Tel Aviv. 

Milisi Irak Gelar 3 Operasi Rudal ke Golan, Houthi Incar Tel Aviv Pakai Rudal, Warga Israel Sembunyi di Bunker

TRIBUNNEWS.COM - Kelompok milisi perlawanan lintas-teritorial terafiliasi Iran, yang dikenal dengan "Poros Perlawanan" dilaporkan mengintensifkan serangan ke wilayah Israel menggunakan rudal jelajah.

Serangan-serangan menggunakan rudal balistik ini dinyatakan sebagai dukungan terhadap kelompok perlawanan Palestina dan Lebanon yang tengah menghadapi bombardemen pasukan Israel (IDF).

Baca juga: Militer Israel Fokus ke Lebanon, Sisa Pasukan IDF di Gaza dan Netzarim Digerogoti Sergapan Al Qassam

Milisi Perlawanan Irak, pada Jumat (27/9/2024) menyatakan kalau mereka menyerang target vital Israel di Palestina yang diduduki menggunakan rudal jelajah Al-Arqab yang canggih, serta target militer di Golan Suriah yang diduduki menggunakan pesawat nirawak.

Hal ini menjadikan jumlah operasi penyerangan yang dilakukan oleh Perlawanan Irak hari ini menjadi total tiga, Al Mayadeen melaporkan.

Beberapa jam sebelumnya, pesawat nirawak Perlawanan Irak menyerang target di Golan Suriah yang diduduki Israel.

Dalam sebuah pernyataan, Perlawanan Irak menegaskan kalau operasi tersebut dilakukan sebagai bagian dari dukungan berkelanjutannya terhadap rakyat Palestina dan Lebanon, serta "sebagai tanggapan atas pembantaian yang dilakukan oleh entitas agresif terhadap warga sipil, termasuk anak-anak, wanita, dan orang tua."

BERITA REKOMENDASI

Perlawanan Islam menegaskan kembali komitmennya untuk "menyerang benteng pertahanan musuh dengan intensitas yang semakin meningkat."

Rudal balistik Yaman ditembakkan ke Tel Aviv
Rudal balistik Yaman ditembakkan ke Tel Aviv.

Houthi Incar Tel Aviv, Warga Israel Sembunyi di Bunker

Serangan ke Israel juga dilancarkan Gerakan Ansarullah (Houthi) Yaman yang menargetkan ibu kota negara pendudukan, Tel Aviv menggunakan rudal balistik.

Menurut laporan IRNA, beberapa jam yang lalu, setelah sebuah roket ditembakkan dari Yaman menuju Tel Aviv, alarm peringatan berbunyi di seluruh wilayah Palestina yang diduduki.

"Menyusul serangan rudal Yaman di Tel Aviv, lebih dari dua juta pemukim Israel bergegas ke tempat penampungan dan aktivitas Bandara Ben Gurion dihentikan," tulis laporan PT, Jumat.

Sejumlah media melaporkan serangan rudal Houthi ini mengakibatkan sejumlah pemukim Israel terluka saat melarikan diri ke tempat perlindungan.

Petugas tanggap darurat dan pasukan keamanan Israel berkumpul di tengah puing-puing dan kendaraan yang hangus di Kiryat Bialik, distrik Haifa, Israel, menyusul serangan yang dilaporkan oleh Hizbullah Lebanon pada 22 September 2024. - Hizbullah mengatakan pada 22 September bahwa mereka menargetkan fasilitas produksi militer dan pangkalan udara di dekat Haifa, Israel utara, setelah militer Israel menggempur Lebanon selatan dan mengatakan mereka menargetkan ribuan laras peluncur roket. (Photo by Jack GUEZ / AFP)
Petugas tanggap darurat dan pasukan keamanan Israel berkumpul di tengah puing-puing dan kendaraan yang hangus di Kiryat Bialik, distrik Haifa, Israel, menyusul serangan yang dilaporkan oleh Hizbullah Lebanon pada 22 September 2024. - Hizbullah mengatakan pada 22 September bahwa mereka menargetkan fasilitas produksi militer dan pangkalan udara di dekat Haifa, Israel utara, setelah militer Israel menggempur Lebanon selatan dan mengatakan mereka menargetkan ribuan laras peluncur roket. (Photo by Jack GUEZ / AFP) (AFP/JACK GUEZ)

Channel 12 Israel melaporkan, setidaknya 17 warga Israel terluka dalam serangan rudal Yaman, dan beberapa pesawat mengubah jalur penerbangan mereka dan mendarat di Yordania.

Sementara itu, Ali Al-Qahum, anggota Biro Politik Gerakan Houthi Yaman menyatakan gerakan itu melanjutkan serangan terhadap Tel Aviv.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas