Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kemlu RI Khawatir Perang di Timur Tengah Meluas, Evakuasi WNI dari Lebanon Sedang Dilakukan

Proses evakuasi WNI dari Lebanon sedang berlangsung. Ada sekitar 159 WNI yang tinggal atau menetap di Lebanon.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Kemlu RI Khawatir Perang di Timur Tengah Meluas, Evakuasi WNI dari Lebanon Sedang Dilakukan
AFP/MAHMOUD ZAYYAT
Tim penyelamat menggali reruntuhan bangunan, sehari setelah terkena serangan Israel, di desa Ain El Delb, Lebanon selatan, pada 30 September 2024. - Lebanon mengatakan 24 orang tewas pada 29 September, dalam serangan Israel di dekat kota utama Sidon di selatan, yang terbaru dalam seminggu pengeboman intensif. (Photo by Mahmoud ZAYYAT / AFP) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Republik Indonesia khawatir terjadi perang dengan skala lebih besar di kawasan Timur Tengah, yang dipicu dari konflik antara Israel dan Hizbullah di Lebanon, atau yang ternyar Israel versus Iran.

"Indonesia sangat khawatir bahwa potensi perang dengan skala yang lebih besar dapat terjadi," kata Juru Bicara Kemenlu RI yang juga Kepala Biro Dukungan Strategis Pimpinan Kemenlu RI, Rolliansyah Soemirat, Rabu (2/10/2024).

Baca juga: Jokowi Perintahkan Menlu Retno Segera Evakuasi WNI di Lebanon

Kemlu RI menyatakan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (DK PBB) harus segera menggelar pertemuan khusus untuk membahas perkembangan terkini di kawasan Timur Tengah. Keputusan juga perlu segera diambil dan diharapkan dapat menyudahi keterangan di kawasan.

"Indonesia kembali tekankan pentingnya Dewan Keamanan PBB untuk segera melakukan pertemuan khusus guna membahas perkembangan terkini di Timur Tengah dan mengambil keputusan yang dapat segera menurunkan ketegangan," ucapnya.

Kemlu RI juga terus memantau keamanan bagi warga negara Indonesia (WNI) yang ada di zona konflik. 

Proses evakuasi WNI dari Lebanon sedang berlangsung. Ada sekitar 159 WNI yang tinggal atau menetap di Lebanon. Mayoritas dari mereka adalah mahasiswa. 

BERITA REKOMENDASI

"Keselamatan WNI juga terus menjadi perhatian utama Pemerintah RI. Terkait hal ini, proses evakuasi WNI dari Lebanon juga sedang berlangsung," kata Roy.

Baca juga: Tentara Zionis Sibuk Merangsek Lebanon, Iran Dikabarkan Segera Serang Israel, Pasukan AS Siaga

Adapun saat ini Kemlu RI juga telah memerintahkan KBRI di kawasan untuk terus berkoordinasi dengan seluruh WNI yang ada di wilayah mereka masing - masing.

"Seluruh Kedutaan Besar RI di kawasan juga terus melakukan koordinasi dan terus melakukan komunikasi dengan seluruh WNI di wilayahnya masing-masing," katanya.

 

 

 

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas