Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tangkis Serangan Iran, Militer AS Klaim Tembak Jatuh Ratusan Rudal IRGC yang Masuk ke Israel

Pejabat senior Gedung Putih Mayor Jenderal Patrick Ryder mengatakan dua kapal perusak Angkatan Laut AS menembakkan pencegat ke rudal Iran

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Endra Kurniawan
zoom-in Tangkis Serangan Iran, Militer AS Klaim Tembak Jatuh Ratusan Rudal IRGC yang Masuk ke Israel
Mehr News
Dalam jumpa pers Pentagon, pejabat senior Gedung Putih Mayor Jenderal Patrick Ryder mengatakan dua kapal perusak Angkatan Laut AS berhasil menembakkan pencegat ke rudal-rudal Iran. Meski telah berhasil dicegat, namun menurut informasi yang beredar ada beberapa rudal Iran yang mengenai wilayah Israel selatan dan tengah. 

TRIBUNNEWS.COM -  Militer Amerika Serikat (AS) mengklaim telah menembak jatuh ratusan rudal-rudal balistik Iran yang ditembakkan ke Israel pada hari Selasa (1/10/2024) dini hari waktu setempat.

Dalam jumpa pers Pentagon, pejabat senior Gedung Putih Mayor Jenderal Patrick Ryder mengatakan dua kapal perusak Angkatan Laut AS berhasil menembakkan pencegat ke rudal-rudal Iran.

Tidak disebut lebih lanjut jumlah rudal yang berhasil ditembak jatuh. Namun Gedung Putih menyebut serangan rudal Iran itu telah "dikalahkan dan tidak efektif".

"Kapal penghancur Angkatan Laut AS bergabung dengan unit pertahanan udara Israel dalam menembakkan (rudal) pencegat untuk menembak jatuh rudal-rudal yang datang," ucap penasihat keamanan nasional AS, Jake Sullivan, mengutip BBC International.

"Serangan itu tampaknya telah dikalahkan dan tidak efektif. Dan ini merupakan bukti kemampuan militer Israel dan militer AS," imbuhnya.

Hal ini juga dikonfirmasi oleh Militer Israel, mengatakan telah berhasil mencegat 180 rudal yang ditembakkan Iran.

Meski telah berhasil dicegat, namun menurut informasi yang beredar ada beberapa rudal Iran yang mengenai wilayah Israel selatan dan tengah.

BERITA REKOMENDASI

Mencegah eskalasi yang meluas, Penasihat keamanan AS, Jake Sullivan, mengatakan bahwa Iran akan segera mendapat konsekuensi berat akibat serangan yang dilakukan ke Israel.

Sejauh ini Sullivan tidak merinci konsekuensi apa saja yang akan diterima Iran imbas serangan tersebut.

Namun, ia tetap menyatakan dukungan AS terhadap Israel untuk melakukan serangan balasan kepada Iran.

Sirine Israel Meraung 

Baca juga: Kenapa Iran Baru Membalas Israel Sekarang? Ternyata Ada Faktor Amerika dan Gaza

Sirene peringatan kembali berbunyi di penjuru Israel termasuk di Yerusalem, tepat setelah adanya luncuran proyektil dari Lebanon.

Memicu kepanikan hingga militer setempat mendesak penduduk Israel wilayah selatan dan tengah untuk segera memasuki ruang perlindungan sampai instruksi lebih lanjut diberikan.

Sejauh ini pemerintah Israel tak mengungkap apakah ada korban jiwa akibat serangan roket Iran, akan tetapi media lokal Yedioth Ahronoth melaporkan kerusakan parah terlihat di wilayah Tel Aviv utara akibat serangan rudal menghantam wilayah pergedungan.

Sementara layanan darurat Israel mengatakan bahwa tiga orang terluka oleh rudal Iran di Tel Aviv.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas