Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hizbullah Membunuh Lebih dari Selusin Tentara Israel yang Berusaha Menyerang Lebanon Selatan

Pasukan Israel terus mengalami kerugian besar selama upaya mereka menyusup ke Lebanon selatan pada tanggal 2 Oktober, yang memaksa mereka mundur.

Editor: Muhammad Barir
zoom-in Hizbullah Membunuh Lebih dari Selusin Tentara Israel yang Berusaha Menyerang Lebanon Selatan
Times of Israel
Inilah tentara IDF yang tewas dalam pertempuran melawan Hizbullah di Lebanon selatan pada Rabu, 2 Oktober 2024. Dari kiri ke kanan, atas: Sersan Staf. Ido Broyer, Staf Sersan. Almken Terefe, Sersan. Kelas Satu Atau Mantzur, Cpt. Eitan Itzhak Oster; bawah: Sersan. Kelas Satu Nazar Itkin, Cpt. Harel Etinger, Sersan. Kelas Satu Noam Barzilay, Cpt. Itai Ariel Giat. 

Hizbullah Membunuh Lebih dari Selusin Tentara Israel yang Berusaha Menyerang Lebanon Selatan

TRIBUNNEWS.COM- Pasukan Israel terus mengalami kerugian besar selama upaya mereka menyusup ke Lebanon selatan pada tanggal 2 Oktober, yang memaksa mereka mundur beberapa kali.

Angkatan Bersenjata Lebanon (LAF) mengonfirmasi pada Rabu sore bahwa pasukan Israel mundur dari Garis Biru kembali ke sisi perbatasan Israel setelah menembus 400 meter ke wilayah Lebanon.

“Ketika pasukan musuh Israel berusaha mengepung kota Yaroun dari sisi hutan, para pejuang Perlawanan Islam mengejutkan mereka pada pukul 14.00 pada hari Rabu 10/2/2024 dengan meledakkan alat peledak khusus, yang menewaskan dan melukai semua anggota pasukan,” kata Hizbullah pada Rabu sore.

“Demi membela Lebanon dan rakyatnya, Perlawanan Islam terlibat dalam bentrokan dengan tentara musuh Israel yang telah menyusup ke kota Maroun al-Ras dari sisi timur, yang mengakibatkan beberapa korban di antara mereka, dan bentrokan tersebut masih berlangsung,” katanya sebelumnya.

Rekaman video menunjukkan pasukan Israel membawa beberapa tentara yang tewas atau terluka untuk mengevakuasi mereka melalui helikopter. 

Menurut sumber-sumber Israel yang dikutip oleh Sky News Arabia, 14 tentara telah tewas sejauh ini oleh pejuang Hizbullah sejak Rabu pagi. Al-Arabiya dan Al-Hadath sebelumnya melaporkan bahwa empat orang tewas dan sekitar 20 lainnya terluka. 

BERITA REKOMENDASI

Di antara mereka yang tewas oleh pejuang Hizbullah adalah Letnan Eitan Oster dari unit elit Egoz Israel. Israel mengakui kematiannya sebagai orang "pertama" yang tewas dalam bentrokan dengan Hizbullah.

Pada Rabu pagi, Hizbullah menggagalkan upaya tentara Israel untuk menembus wilayah Lebanon melalui kota Odaisseh, menargetkan mereka dan memaksa mereka mundur setelah menimbulkan korban jiwa. 

“Jumlah korban musuh dalam pertempuran hari ini sangat besar, dan ada pemblokiran media yang diberlakukan oleh musuh,” kata kepala kantor hubungan media Hizbullah, Mohammad Afif, pada tanggal 2 Oktober. 

Tentara Israel mengklaim operasi daratnya bertujuan untuk mengusir Hizbullah dari perbatasan dan memulangkan puluhan ribu pemukim Israel yang dievakuasi dari pemukiman utara sebagai akibat dari operasi perlawanan Lebanon, yang dimulai pada 8 Oktober tahun lalu.

Dalam pidato terakhirnya sebelum pembunuhan mendadaknya minggu lalu, Sekretaris Jenderal Hassan Nasrallah berjanji bahwa invasi darat apa pun ke Lebanon akan menjadi “neraka” bagi Israel dan para pemukim “tidak akan kembali” ke utara.

SUMBER: THE CRADLE

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas