Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Iran Namai Serangan ke Israel Sebagai Operasi 'Janji Sejati II' Pakai Sandi 'Oh Utusan Tuhan'

Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) menegaskan bahwa serangan rudal ini adalah bagian dari Operasi "Janji Sejati II."

Penulis: Hasanudin Aco
zoom-in Iran Namai Serangan ke Israel Sebagai Operasi 'Janji Sejati II' Pakai Sandi 'Oh Utusan Tuhan'
Reuters/Anadolu Agency/Ahikam Seri/AFPTV/AFP/X
Serangan ratusan rudal balistik Iran ke wilayah Israel, Selasa malam, 1 Oktober 2024. 

 

TRIBUNNEWS.COM, IRAN -  Iran akhirnya menanggapi serangan Israel ke Lebanon dengan melancarkan serangan balasan kedua ke wilayah pendudukan Israel pada Selasa (1/10/2024).

Dalam pernyataan resmi dari Korps Garda Revolusi Islam (IRGC), dilaporkan bahwa serangan rudal ini adalah bagian dari Operasi "Janji Sejati II."

Dikutip dari Tehran Times, operasi ini menggunakan nama sandi "Oh Utusan Tuhan!" dan ditujukan terhadap target keamanan dan intelijen di Israel

IRGC mengeluarkan pernyataannya beberapa menit setelah operasi dimulai.

IRGC menyatakan setelah masa menahan diri dalam menghadapi pelanggaran kedaulatan Republik Islam Iran dan pembunuhan Dr. Ismail Haniyeh oleh rezim Zionis maka pasukan Dirgantara IRGC meluncurkan puluhan rudal balistik terhadap target militer dan keamanan utama di jantung wilayah pendudukan Israel.

Pernyataan itu juga memperingatkan bahwa"operasi ini telah disetujui oleh Dewan Keamanan Nasional Tertinggi dan diperintahkan oleh Staf Umum Angkatan Bersenjata, dengan dukungan Angkatan Darat Republik Islam Iran dan Kementerian Pertahanan.

BERITA REKOMENDASI

"Diperingatkan bahwa jika rezim Zionis menanggapi operasi ini secara militer, yang sesuai dengan hukum internasional dan hak-hak sah negara tersebut, maka rezim tersebut akan menghadapi serangan yang menghancurkan dan menghancurkan."

Bersamaan dengan itu, perwakilan Iran di PBB mengeluarkan pernyataan lain terkait serangan rudal terhadap wilayah pendudukan, dengan menyatakan bahwa "respons Iran yang sah, logis, dan sah terhadap tindakan teroris rezim Zionis, yang menargetkan warga negara dan kepentingan Iran serta melanggar kedaulatan nasional Republik Islam, telah dilaksanakan."

Menurut beberapa laporan, operasi ini dilakukan melalui peluncuran rudal balistik.

Saluran lokal Iran, mengutip sumber dari Garda Revolusi, mengklaim bahwa sekitar 400 rudal ditembakkan ke sasaran militer di Tel Aviv dan sekitarnya.

Sementara itu, media Israel melaporkan bahwa beberapa rudal Iran telah diluncurkan terhadap sasaran yang terletak di bagian tengah dan selatan wilayah jajahan tersebut.

Media Iran, mengutip sumber yang dekat dengan operasi tersebut, mengklaim bahwa "lebih dari 80 persen rudal pada gelombang pertama mengenai sasaran yang dituju."

Selain itu, dilaporkan bahwa markas besar Mossad, badan intelijen Israel, hancur total dalam serangan tersebut, meskipun informasi ini belum dikonfirmasi atau dibantah oleh otoritas kolonial, yang telah melarang foto apa pun yang menunjukkan kerusakan yang disebabkan oleh operasi Iran

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas