Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kondisi Gaza Makin Memburuk, 20 Negara OKI Bersatu Minta Semua Pihak Hentikan Dukungan ke Israel

Pihaknya menegaskan, kembali solidaritas untuk Palestina, dan menegaskan dukungan yang tak tergoyahkan demi keamanan dan kedaulatan Lebanon.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Kondisi Gaza Makin Memburuk, 20 Negara OKI Bersatu Minta Semua Pihak Hentikan Dukungan ke Israel
Ist
Sebanyak 20 duta besar negara OKI mendesak komunitas internasional untuk memastikan penghormatan terhadap resolusi PBB dan hukum internasional serta menghentikan segala dukungan terhadap Israel. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sebanyak 20 duta besar negara OKI mendesak komunitas internasional untuk memastikan penghormatan terhadap resolusi PBB dan hukum internasional serta menghentikan segala dukungan terhadap Israel.

Hal ini disampaikan dalam pernyataan diplomatik yang disampaikan hari Rabu (2/10/2024) di Kedutaan Lebanon di Bucharest.

“Setahun yang lalu, kami berdiri dalam solidaritas untuk mengutuk agresi brutal Israel di Gaza, Al-Quds Al -Sharif dan Tepi Barat. Hampir satu tahun kemudian, meski mendapat kecaman global, situasi di Gaza dan Tepi Barat semakin memburuk,” kata Duta Besar Indonesia untuk Rumania dan Republik Moldova, Meidyatama Suryodiningrat, yang mewakili para kepala perwakilan negara anggota OKI.

Pihaknya menegaskan, kembali solidaritas untuk Palestina, dan menegaskan dukungan yang tak tergoyahkan demi keamanan dan kedaulatan Lebanon.

“Serangan ini perpanjangan dari kejahatan perang Israel, dan merupakan pelanggaran terhadap hukum internasional dan resolusi PBB,” ujar dia.

Sebagai negara anggota Uni Eropa, Rumania dapat berperan penting mengurangi dukungan kepada Israel yang selama ini banyak ditunjukkan negara-negara Eropa.

BERITA REKOMENDASI

Hadir dalam acara tersebut adalah para duta besar dan utusan diplomatik dari Lebanon dan Palestina serta dari Aljazair, Mesir, Indonesia, Iran, Iraq, Yordania, Kazakhstan, Kuwait, Libya, Malaysia, Maroko, Pakistan, Qatar, Arab Saudi, Sudan, Suriah, Turki, Tunisia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas