Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pakar: Cara Israel Balas Serangan Iran, Siapa yang Ditarget?

Setelah serangan balasan Iran, Israel disebut bakal membalasnya, lalu bagaimana dan apa yang disasar?

Penulis: Facundo Chrysnha Pradipha
Editor: Sri Juliati
zoom-in Pakar: Cara Israel Balas Serangan Iran, Siapa yang Ditarget?
Wisam Hashlamoun/Anadolu
Serangan Iran terhadap Israel pada Selasa (1/10/2024) dinilai merupakan serangan rudal balistik terbesar dalam sejarah konflik kedua negara. 

TRIBUNNEWS.COM - Berbagai analisis mencuat setelah Iran melakukan serangan balasan kepada Israel atas terbunuhnya Sekjen Hizbullah, Hassan Nasrallah.

Serangan ratusan rudal yang diluncurkan dari Iran langsung ke Israel tersebut menghancurkan daerah Tel Aviv pada Selasa (1/10/2024).

Setelah serangan tersebut, Israel disebut-sebut bakal melakukan pembalasan.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berjanji untuk membalas dan mengatakan Iran “membuat kesalahan besar dan akan membayarnya”, sementara AS mendukung sekutu dekatnya itu.

"Jangan salah, Amerika Serikat sepenuhnya, sepenuhnya, sepenuhnya mendukung Israel," kata Presiden Joe Biden dikutip dari Aljazeera.

Marc Owen Jones, seorang analis di Universitas Northwestern di Qatar mengatakan kepada Al Jazeera meskipun serangan Iran telah direncanakan dengan cermat untuk menghindari eskalasi, respons Israel “tidak dapat diprediksi.”

Serangan Iran pada hari Selasa bertujuan untuk membangun kembali tindakan pencegahan karena Teheran tidak bisa lagi "terlihat lemah" dalam menghadapi serangan Israel terhadap sekutunya di kawasan tersebut, kata Owen Jones.

BERITA REKOMENDASI

Namun, laporan menunjukkan Israel telah diberitahu tentang serangan yang akan datang oleh AS tepat waktu untuk mencegat rudal dan pesawat nirawak.

Oleh karena itu, penggunaan senjata canggih oleh Iran harus dilihat sebagai "upaya simbolis", tambahnya.

Karena kerusakan akibat serangan itu minimal, Israel dapat memilih respons terbatas seperti yang dilakukannya pada bulan April, ketika Iran melancarkan serangan pertamanya ke wilayah Israel.

Sebagai balasan atas dugaan serangan Israel terhadap konsulatnya di Damaskus , pada tanggal 13 April, Iran meluncurkan sekitar 120 rudal balistik dan 170 pesawat nirawak , yang menyebabkan kerusakan kecil pada pangkalan militer di Israel selatan.

Baca juga: Presiden Iran Olok-Olok Pertahanan Zionis, Sebut Iron Dome Israel Lebih Rapuh daripada Kaca

Beberapa hari kemudian, pada tanggal 18 April, Israel menyerang pangkalan angkatan udara Artesh di Isfahan, menghancurkan sebagian dari sistem pertahanan udara jarak jauh S-300.

Serangan itu tidak banyak melemahkan kemampuan militer Iran, tetapi ketepatannya berfungsi sebagai ancaman tersirat sekaligus menghindari eskalasi lebih lanjut.

Namun, kali ini, skala dan sifat serangan Iran – penggunaan rudal balistik, yang banyak di antaranya berhasil melewati sistem pertahanan udara Iron Dome milik Israel – berarti bahwa respons Israel juga akan “perlu jauh lebih keras” daripada pada bulan April, untuk menetapkan pencegahannya sendiri, kata Andreas Krieg, dosen senior di School of Security Studies di King's College London.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas