Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Perang Rusia-Ukraina Hari ke-953: Moskow Makin Maju, Kyiv Mundur dari Kota Vuhledar

Rusia raih kemajuan teritorial setelah pasukan Ukraina mengatakan telah menarik diri dari kota Vuhledar di bagian timur.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Sri Juliati
zoom-in Perang Rusia-Ukraina Hari ke-953: Moskow Makin Maju, Kyiv Mundur dari Kota Vuhledar
Tangkap layar X
Vuhledar. Rusia raih kemajuan teritorial setelah pasukan Ukraina mengatakan telah menarik diri dari kota Vuhledar di bagian timur. Berikut ini serangkaian peristiwa yang berlangsung dalam perang Rusia-Ukraina hari ke-953 pada Kamis (3/10/2024). 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini serangkaian peristiwa yang berlangsung dalam perang Rusia-Ukraina hari ke-953 pada Kamis (3/10/2024).

Pasukan Ukraina mengatakan telah menarik diri dari kota Vuhledar di bagian timur.

Komando militer di Kyiv mengatakan pasukannya berangkat pada Selasa (1/10/2024) malam untuk mengamankan personel dan peralatan tempur.

Mundurnya Kyiv dari wilayah Vuhledar memberikan Rusia salah satu kemajuan teritorial paling signifikan dalam beberapa minggu terakhir.

Koresponden The Guardian, Luke Harding menulis bahwa brigade mekanik ke-72 Ukraina telah mempertahankan Vuhledar selama lebih dari dua tahun.

Selengkapnya simak peristiwa lainnya yang telah Tribunnews.com rangkum di artikel ini.

Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-953:

1. Bom Berpemandu Rusia Hantam Apartemen di Kharkiv

Bom berpemandu Rusia menghantam blok apartemen lima lantai di Kharkiv pada Rabu (2/10/2024) malam, memicu kebakaran dan melukai sedikitnya 10 orang, kata pejabat setempat.

BERITA REKOMENDASI

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky mengatakan serangan itu menggarisbawahi perlunya lebih banyak bantuan dari pendukung barat Ukraina.

Dia menunjuk serangan Iran terhadap Israel sebagai contoh sekutu yang bekerja sama untuk menembak jatuh roket dan rudal yang masuk.

"Ukraina harus menerima bantuan yang diperlukan, dan yang terpenting, cukup dari dunia, dari mitra kami. Setiap saat di Timur Tengah, selama serangan kriminal Iran, kami melihat bagaimana koalisi internasional bertindak bersama."

Di Kyiv, Kepala Administrasi militer ibu kota mengatakan pecahan pesawat nirawak Rusia yang jatuh merusak sebuah gedung apartemen di salah satu distrik timur ibu kota.

Tidak ada indikasi adanya korban jiwa.

Baca juga: Perang Rusia-Ukraina Hari ke-952: Moskow Diduga Sengaja Bocorkan Limbah Kimia ke Sungai Ukraina

2. Yahudi ultra-Ortodoks Rayakan tahun Baru Yahudi di Uman

Puluhan ribu orang Yahudi ultra-Ortodoks merayakan tahun baru Yahudi di kota Uman, Ukraina, pada hari Rabu (2/10/2024) meskipun banyak yang kesulitan bepergian dari satu medan konflik ke medan konflik lainnya.

Para pengikut Rabbi Nachman dari Breslov berkumpul setiap tahun untuk menghormatinya di Uman, tempat ia dimakamkan pada tahun 1810.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas