Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Evakuasi Jadi Taktik Jahat Israel, Bukan untuk Lindungi Warga Sipil tapi Jadi Cara Pembersihan Etnis

Perintah evakuasi "Israel" di Lebanon, yang seharusnya ditujukan untuk melindungi warga sipil. Namun oleh tentara Israel evakuasi dimanfaatkan.

Editor: Muhammad Barir
zoom-in Evakuasi Jadi Taktik Jahat Israel, Bukan untuk Lindungi Warga Sipil tapi Jadi Cara Pembersihan Etnis
AFP/FADEL ITANI
Orang-orang yang meninggalkan desa mereka di Lebanon selatan diterima di sebuah lembaga seni yang diubah menjadi tempat penampungan bagi orang-orang yang mengungsi akibat konflik, di Beirut pada 23 September 2024. - Serangan udara Israel menewaskan 274 orang, termasuk 21 anak-anak, di Lebanon selatan pada 23 September, kata menteri kesehatan Lebanon, dalam eskalasi lintas batas paling mematikan sejak perang meletus di Gaza pada 7 Oktober. (Photo by FADEL ITANI / AFP) 

Evakuasi Jadi Taktik Jahat Israel, Bukan untuk Lindungi Warga Sipil tapi Cara Pembersihan Etnis

TRIBUNNEWS.COM- Perintah evakuasi "Israel" di Lebanon, yang seharusnya ditujukan untuk melindungi warga sipil.

Namun oleh tentara Israel evakuasi dimanfaatkan jadi taktik pembersihan etnis, yang memaksa penduduk untuk melarikan diri di bawah peringatan yang kacau dan tidak jelas.

Selama lebih dari seminggu, warga Lebanon hidup dalam ketakutan terus-menerus, terpaku pada ponsel mereka setiap malam, menunggu perintah evakuasi terbaru dari juru bicara pasukan pendudukan Israel berbahasa Arab, Avichay Adraee. 

Bukan karena mereka mengikuti pernyataannya dengan setia, tetapi karena pengumuman ini menentukan apakah rumah mereka akan dibom malam itu. 

Ritual yang tidak pandang bulu ini telah berubah menjadi kengerian setiap malam, di mana warga sipil dengan cemas menelusuri media sosial, berharap rumah mereka bukan target berikutnya.

Militer Israel telah mengeluarkan perintah evakuasi yang tak terhitung jumlahnya di seluruh Lebanon , terkadang hingga enam perintah dalam waktu dua jam saja. 

BERITA REKOMENDASI

Kadang-kadang, peringatan ini menyebutkan lokasi yang tepat, tetapi semakin sering, peringatan ini menyertakan peta yang tidak jelas yang mencakup seluruh lingkungan—yang pada dasarnya menandai seluruh wilayah sipil untuk pemboman tanpa pandang bulu. 

Israel sering mengklaim bahwa Hizbullah beroperasi di zona-zona ini, tetapi korban serangan ini sebagian besar adalah warga sipil yang tidak memiliki tempat yang aman untuk dituju, atau mereka yang memilih untuk tidak meninggalkan rumah mereka.


Warga Puluhan desa terpaksa mengungsi

Pada tanggal 2 Oktober, pasukan pendudukan Israel (IDF) memerintahkan warga sipil di dua lusin desa di Lebanon selatan untuk segera mengungsi, dengan alasan aktivitas Hizbullah di daerah tersebut.

“Aktivitas Hizbullah memaksa IDF untuk bertindak melawannya. IDF tidak ingin menyakiti Anda,” Avichay Adraee mengumumkan melalui X. 

“Demi keselamatan Anda, Anda harus segera mengungsi dari rumah. Siapa pun yang berada di dekat operasi Hizbullah, fasilitas mereka, atau senjata mereka akan membahayakan diri mereka sendiri.”

Perintah-perintah ini biasanya diunggah di platform media sosial, platform yang mungkin tidak dapat diakses oleh banyak warga sipil—terutama mereka yang tidak memiliki koneksi internet yang andal. 

Selain itu, waktu yang diberikan untuk evakuasi sangat singkat, seringkali hanya 30 menit atau kurang. 

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas