Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hizbullah Cuci Gudang Roket ke Israel, Dari Galilea, Kiryat Shmona, hingga Haifa Mandi Ledakan

Radio Angkatan Darat Israel melaporkan bahwa sekitar 100 roket telah ditembakkan dari Lebanon sejak pagi ke berbagai wilayah pendudukan Israel

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Hizbullah Cuci Gudang Roket ke Israel, Dari Galilea, Kiryat Shmona, hingga Haifa Mandi Ledakan
tangkap layar rekaman video
Seorang petempur gerakan Hizbullah di perbatasan Israel-Lebanon. 

Hizbullah Cuci Gudang Roket ke Israel, Dari Galilea, Kiryat Shmona, hingga Haifa Mandi Ledakan

TRIBUNNEWS.COM - Gerakan Hizbullah Lebanon melancarkan serangan mereka wilayah pendudukan Israel menggunakan ratusan rudal.

Seolah cuci gudang, Hizbullah dilaporkan mengirim ratusan rudal ke Galilea, Golan, hingga Haifa dengan menyasar tepat ke sejumlah sasaran fasilitas militer Israel.

Baca juga: Taktik Asimetris Hizbullah Bikin KO Tentara Israel: Batu Palsu Berkamera, Tank Merkava Tak Berdaya 

Hizbullah mengumumkan pada Jumat (4/10/2024) kalau serangan mereka menewaskan dan melukai tentara Israel dalam dua operasi terpisah di dekat perbatasan.

Hizbullah juga menyatakan kalau mereka meluncurkan puluhan roket ke Haifa utara dan Galilea, yang menyebabkan kerusakan dan kebakaran yang signifikan.

Dalam sebuah pernyataan, Hizbullah mengklaim bahwa para pejuangnya telah menargetkan tank Merkava Israel di dekat lokasi Al-Malikiyah dengan peluru kendali, yang mengakibatkan jatuhnya korban di kalangan pasukan Israel.

Dalam pernyataan kedua, Hizbullah melaporkan bahwa mereka telah menyerang konvoi kendaraan dan personel militer Israel di dataran Maroun al-Ras, yang menyebabkan lebih banyak korban.

BERITA REKOMENDASI

Kelompok ini juga mengklaim bertanggung jawab atas peluncuran rudal berat Burkan ke arah pertemuan kendaraan dan tentara Israel di Sa'sa'.

Seorang pejuang Hizbullah di perbatasan Israel-Lebanon.
Seorang petempur gerakan Hizbullah di perbatasan Israel-Lebanon.

Gerakan Hizbullah juga mengklaim telah menyerang pangkalan Ilania di Galilea Bawah, posisi artileri di selatan Kiryat Shmona, dan lokasi Ruwaysat al-Alam di perbukitan Kfar Shuba yang diduduki di Lebanon.

Al-Jazeera menangkap rekaman helikopter Israel yang mengangkut tentara yang terluka dari garis depan utara ke Rumah Sakit Rambam di Haifa.

Sementara itu, polisi Israel melaporkan kerusakan properti yang parah menyusul serangan roket di Kiryat Shmona dan Galilea Bawah.

Media Israel, Yedioth Ahronoth mencatat bahwa sebuah bangunan di Kiryat Shmona, dekat perbatasan, terkena serangan langsung. 

Surat kabar Israel Haaretz mengutip walikota pemukiman Metula, yang menyatakan bahwa 50 roket telah menghantam daerah tersebut, menyebabkan kerusakan signifikan.

Kebakaran terjadi di berbagai lokasi di Galilea setelah serangan roket, menurut polisi Israel

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas