Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mantan PM Malaysia Mahathir Mohamad Sebut Peristiwa 7 Oktober Meruntuhkan Narasi Israel

Mahathir Mohamad mengatakan pada hari Minggu bahwa peristiwa pada tanggal 7 Oktober tahun lalu telah menyebabkan runtuhnya narasi Israel.

Editor: Muhammad Barir
zoom-in Mantan PM Malaysia Mahathir Mohamad Sebut Peristiwa 7 Oktober Meruntuhkan Narasi Israel
Shafwan Zaidon
Mantan Perdana Menteri Malaysia, Tun Dr Mahathir Mohamad 

Mantan PM Malaysia Mahathir Mohamad Sebut Peristiwa 7 Oktober Meruntuhkan Narasi Israel

TRIBUNNEWS.COM- Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengatakan pada hari Minggu bahwa peristiwa pada tanggal 7 Oktober tahun lalu telah menyebabkan runtuhnya narasi Israel di dunia.

Selain itu  serangan 7 Oktober itu memperbarui kesadaran dunia Muslim. 

Mahathir menyampaikan komentarnya pada pembukaan konferensi ketujuh Forum Pemikiran dan Peradaban Kuala Lumpur yang diadakan di Istanbul.

“Sejak didirikan, forum ini tidak pernah menyimpang dari tujuan utamanya, yaitu mempertemukan para pemikir dan akademisi yang peduli dengan urusan dan kesejahteraan umat,” kata mantan pemimpin Malaysia yang juga menjabat sebagai presiden organisasi tersebut.

“Memilih peringatan satu tahun Operasi Banjir Al-Aqsa untuk pertemuan ini sangat penting, karena Palestina memutuskan untuk mengirim pesan kepada dunia bahwa mereka bertekad untuk membebaskan tanah mereka sambil menolak kebijakan, pengepungan, dan pemukiman Israel.”

Operasi tersebut melibatkan faksi-faksi Palestina yang dipimpin oleh Hamas yang menyerang pangkalan-pangkalan militer dan permukiman Israel yang berdekatan dengan Jalur Gaza, membunuh dan menangkap warga Israel sebagai respons terhadap kejahatan harian pendudukan Israel terhadap rakyat Palestina dan tempat-tempat suci mereka, khususnya Masjid Al-Aqsa.

BERITA REKOMENDASI

Protes pro-Palestina berikutnya oleh mahasiswa AS dan Eropa, kata Mahathir.

Serta langkah bersejarah Afrika Selatan untuk mendakwa negara pendudukan itu atas genosida di Mahkamah Internasional, menyebabkan runtuhnya narasi Israel mengenai pendudukan dan kejahatannya.

Menyinggung masalah-masalah dunia Muslim, Mahathir mengatakan bahwa orang miskin tidak boleh dilupakan, dan merujuk pada kewajiban membayar Zakat untuk membantu mereka yang membutuhkan. 

“Jika kita tidak dapat membantu mereka, mereka akan meninggalkan negara mereka, dan ini adalah kutukan yang memalukan atas kegagalan negara-negara Islam… untuk menyediakan lingkungan yang Islam anjurkan untuk kita sediakan.”

Lebih lanjut, ia menambahkan, “Sementara kita terus mempelajari ilmu-ilmu agama, kita harus memperhatikan ilmu-ilmu duniawi… sampai pada taraf yang memungkinkan kita untuk memberikan sumbangan bagi ilmu pengetahuan… Umat Islam di masa lalu adalah pelopor dalam ilmu-ilmu tersebut, namun saat ini kita telah tertinggal dan mewariskan ilmu pengetahuan kepada non-Muslim… [Kita bahkan] mengandalkan senjata orang lain untuk membela diri.”

Inilah sebabnya mengapa umat Islam dibunuh secara massal, katanya. “Musuh-musuh bangsa kita hanya melihat kita sebagai umat Islam yang semuanya adalah 'teroris', dan jika kita tidak bersatu, kita akan dihancurkan.”

Mahathir menegaskan, tidak ada pembahasan tentang masalah tersebut yang lengkap tanpa membicarakan Palestina. "Apa yang terjadi pada mereka dan ketidakmampuan umat Islam untuk membela mereka dan menanggapi genosida tersebut menyoroti kelemahan dan perpecahan umat Islam."

Genosida Israel terhadap warga Palestina di Gaza selama setahun terakhir telah menewaskan 42.000 orang, terutama wanita dan anak-anak, dan melukai sedikitnya 97.000 orang lainnya. Diperkirakan 11.000 orang hilang, diduga tewas, di bawah reruntuhan rumah mereka dan infrastruktur sipil lainnya yang dihancurkan oleh Israel.

Negara pendudukan telah memperluas cakupan genosida di Gaza hingga mencakup Lebanon, termasuk ibu kota Beirut, melalui serangan udara intensif dan invasi darat, mengabaikan kecaman internasional. Setidaknya 1.200 warga Lebanon telah tewas, dengan ribuan lainnya terluka, Anadolu melaporkan.

 


SUMBER: MIDDLE EAST MONITOR

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas