Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sirene Meraung, Rusia Umumkan Keadaan Darurat Lokal setelah Gudang Senjata Meledak Diserang Ukraina

Rusia mengumumkan keadaan darurat lokal untuk wilayah Bryansk, menyusul serangan Ukraina yang menghanguskan gudang senjat di daerah tersebut. 

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Sirene Meraung, Rusia Umumkan Keadaan Darurat Lokal setelah Gudang Senjata Meledak Diserang Ukraina
X/obinacci via NY Post
Gubernur Bryansk, Alexander Bogomaz, melalui akun Telegram-nya mengumumkan keadaan darurat lokal menyusul raungan sirine buntut serangan Ukraina yang menghanguskan sebuah gudang senjata di daerah tersebut. 

TRIBUNNEWS.COM –  Pemerintah Rusia mengumumkan keadaan darurat lokal untuk wilayah Bryansk, menyusul raungan sirine buntut serangan Ukraina yang menghanguskan sebuah gudang senjata di daerah tersebut. 

Hal tersebut turut dikonfirmasi oleh Gubernur Bryansk, Alexander Bogomaz, melalui akun Telegram-nya, Rabu (9/10/2024).

Dalam keterangan resminya  Bogomaz menyatakan bahwa wilayahnya saat ini dalam keadaan darurat menyusul ledakan benda-benda peledak di gudang senjata militer Rusia.

Sebelum  gudang senjata militer Rusia meledak, pasukan pertahanan udara Rusia diketahui telah mencegah dan menghancurkan 24 pesawat nirawak di atas langit Bryansk.

Namun serpihan rudal Ukraina dilaporkan jatuh mengenai bahan peledak yang tersimpan gudang senjata militer Bryansk.

"Gudang senjata itu menyimpan amunisi untuk sistem rudal dan artileri, termasuk yang dikirim dari Korea Utara, serta bom luncur. Sebagian besar amunisi disimpan di tempat terbuka," kata staf umum militer Ukraina, dikutip dari Al Arabiya.

Dari cuplikan gambar yang beredar di media sosial, menunjukkan kobaran api besar yang menerangi langit dengan serangkaian ledakan. 

BERITA REKOMENDASI

Adapun wilayah Bryansk merupakan daerah berbatasan dengan Belarus, Ukraina, dan wilayah Kursk di Rusia, lokasi di mana Moskow terlibat dalam pertempuran untuk mengusir pasukan Ukraina sejak bulan Agustus. 

Gudang Senjata Rusia Simpan Senjata Korut

Serangan ini dilakukan Ukraina bukan tanpa alasan. Gudang senjata atau depot amunisi di wilayah Bryansk diyakini menyimpan senjata dari Korea Utara.

Adapun jenis senjata yang disimpan di antaranya seperti bom luncur hingga peluru artileri yang semuanya digunakan untuk membombardir Ukraina di medan perang.

Baca juga: Seoul Tuduh Tentara Korea Utara Bertempur untuk Rusia di Ukraina

Informasi tersebut dibenarkan langsung oleh Andri Kovalenko, kepala Pusat Penanggulangan Disinformasi di Dewan Keamanan Nasional Ukraina.

Tak hanya gudang Bryansk, dalam operasi ini Kovalenko mengatakan bahwa pasukan Ukraina turut menyerang gudang senjata di desa Oktyabrsky di wilayah Tver, yang mengakibatkan kebakaran dan ledakan.

Korut Dituding Jadi pemasok Senjata Rusia

Hubungan Rusia dan Korut dalam beberapa tahun terakhir meningkat dan kian akrab, terutama usai Putin meluncurkan invasi ke Ukraina pada Februari 2022.

Meski kemesraan yang terjalin antara Jong Un dan Vladimir Putin mendapat banyak pertentangan namun hal tersebut tak membuat pemimpin Korut mundur.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas