Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Iran Protes Pernyataan Joe Biden yang Tahu Rencana Serangan Israel: AS Provokatif dan Muka 2

Iran protes ke PBB soal pernyataan Presiden AS Joe Biden yang sebut tahu rencana serangan Israel ke Iran. Ia menyebut AS provokatif dan muka dua.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Sri Juliati
zoom-in Iran Protes Pernyataan Joe Biden yang Tahu Rencana Serangan Israel: AS Provokatif dan Muka 2
X/Ayatollah Ali Khamenei/@khamenei_ir
Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei. --- Iran mengirim surat protes ke PBB soal pernyataan Joe Biden yang tahu rencana Israel serang Iran. 

TRIBUNNEWS.COM - Perwakilan Tetap Teheran untuk PBB, Amir Saeed Irani, mengatakan Amerika Serikat (AS) akan dianggap terlibat jika mendukung Israel dalam kemungkinan serangan terhadap Iran.

Hal ini terungkap dalam surat yang dia kirimkan kepada anggota Dewan Keamanan PBB dan Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, pada hari Senin (21/10/2024).

Dalam suratnya, Amir Saeed Irani merujuk pada pernyataan Presiden AS, Joe Biden, di Berlin, Jerman di mana ia mengatakan AS memiliki informasi tentang kemungkinan serangan Israel terhadap Iran.

“Pernyataan ini dianggap sebagai persetujuan implisit Amerika Serikat dan menunjukkan dukungannya terhadap agresi militer ilegal Israel terhadap Iran," tulis Amir Saeed Irani dalam surat tersebut.

Ia menganggap pernyataan Joe Biden adalah persetujuan implisit AS dan menunjukkan dukungannya terhadap serangan Israel yang direncanakan terhadap Iran.

"Amerika Serikat akan memikul tanggung jawab penuh atas perannya dalam memprovokasi, menghasut, dan memungkinkan tindakan agresif apa pun yang dilakukan Israel terhadap Iran," tulisnya.

Amir Saeed Irani menegaskan, pernyataan itu berkebalikan dengan perkataan Joe Biden sebelumnya yang mengklaim AS berupaya mencegah meluasnya perang di kawasan itu.

BERITA REKOMENDASI

"Pernyataan itu provokatif dan berbahaya dan juga bertentangan dengan klaim Amerika Serikat yang ingin mengurangi ketegangan di kawasan," tulisnya.

Perwakilan Iran itu meminta Dewan Keamanan PBB untuk mengutuk AS dan dukungannya terhadap rencana serangan Israel ke Iran.

"Dewan Keamanan PBB harus mengutuk provokasi Amerika Serikat,” tegasnya, seperti diberitakan Al Jazeera.

Ia juga meminta Washington untuk mematuhi hukum internasional dan Piagam PBB.

Baca juga: Usai Bocornya Rencana Israel Serang Iran, AS Buru-buru Gelar Rapat Rahasia

Pernyataan Joe Biden

Joe Biden menyampaikan pernyataannya tentang pengetahuan AS soal rencana sekutunya, Israel, untuk menyerang Iran.


“Apakah Anda memiliki informasi tentang bagaimana dan kapan Israel menyerang Iran?” tanya seorang jurnalis kepada Joe Biden selama kunjungannya di Jerman pada Jumat (18/10/2024).

"Saya melihat sebuah peluang, kita mungkin dapat menangani Israel dan Iran dengan cara yang mengakhiri konflik untuk sementara waktu .. menghentikan bolak-balik," kata Joe Biden, seperti diberitakan The Times of Israel.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas