Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

IDF Kerahkan 100 Jet F-35, Parlemen Iran: Serangan Israel Lemah, Besar Omong Doang

Secara terbuka, Parlemen Iran menyebut serangan Israel tersebut digambarkan hanya menimbulkan kegaduhan tanpa efek bagi Iran.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in IDF Kerahkan 100 Jet F-35, Parlemen Iran: Serangan Israel Lemah, Besar Omong Doang
RTX
Jet tempur buatan AS F-35 menembakkan rudal AMRAAM. Jor Biden menyetujui penjualan rudal tersebut ke Israel untuk memenangkan peperangan. Israel mengerahkan pesawat tempur canggih ini untuk mengebom Iran pada Sabtu (26/10/2024). 

IDF Kerahkan 100 Jet F-35, Parlemen Iran: Serangan Israel Lemah, Besar Omong Doang

TRIBUNNEWS.COM - Juru bicara Komisi Keamanan dan Kebijakan Luar Negeri Parlemen Iran, Ebrahim Rezaei mengatakan Israel terlalu lemah untuk secara serius membahayakan keamanan wilayah Iran dan teritorial sekitarnya.

Pernyataan itu menanggapi serangan balasan Israel ke negara tersebut pada Sabtu (26/10/2024).

Secara terbuka, pernyataan itu menyebut serangan Israel tersebut digambarkan hanya menimbulkan kegaduhan tanpa efek bagi Iran.

Baca juga: Siap-siap, Israel Segera Serang Iran di Akhir Pekan, IRGC: THAAD Tak Akan Bisa Lindungi Tel Aviv

“Musuh Zionis seperti uang kecil (berkoin-koin), itu hanya membuat kebisingan tetapi tidak memiliki nilai dan efek,” juru bicara Komisi Keamanan Nasional dan Kebijakan Luar Negeri Parlemen Iran menulis di akun X-nya, Sabtu dilansir MNA.

“Zionis terlalu lemah untuk secara serius membahayakan Iran yang lebih besar,” tulis Ebrahim Rezaei.

Kantor hubungan masyarakat komando pertahanan udara Iran mengeluarkan pernyataan pada Sabtu yang mengumumkan kalau serangan udara Israel terhadap pusat-pusat militer di Teheran, provinsi barat Ilam, dan provinsi barat daya Khuzestan telah dicegat dan berhasil dibalas.

Baca juga: AU Iran: Serangan Israel Bisa Ditangkis, Sasar Markas Militer di Teheran, Khuzestan, dan Ilam

BERITA REKOMENDASI

"Otoritas Republik Iran mempermalukan musuh-musuh bangsa Iran," tulisnya dalam sebuah posting yang dihiasi dengan foto bendera Iran.

Pada pukul 02:15 waktu setempat (10:45 GMT Jumat malam), terdengar menyerupai ledakan terdengar di beberapa bagian Iran, terutama di sebelah barat ibukota Iran, Teheran

Selain itu, sistem anti-rudal Iran sekali lagi diaktifkan di beberapa daerah timur dan tengah sekitar dua setengah jam kemudian sebagai tanggapan atas serangan baru.

Baca juga: Update Serangan Israel, Ledakan di Langit Teheran, Iron Dome Ala Iran Diaktifkan, Bandara Kena Bom?

Adapun Angkatan Udara Iran mengeluarkan pernyataan menyusul agresi rezim Israel di tanah Iran pada Sabtu.

"Terlepas dari peringatan sebelumnya dari para pejabat Republik Islam kepada rezim Zionis ilegal untuk menghindari tindakan petualang, rezim Tel Aviv menyerang beberapa situs militer di provinsi Teheran, Khuzestan, dan Ilam pada Sabtu pagi dalam tindakan penyebab ketegangan," katanya.


Pernyataan itu juga mengatakan kalau serangan rezim Israel berhasil dilawan oleh sistem pertahanan udara terintegrasi negara itu, ia menambahkan bahwa tindakan agresif Zionis menyebabkan kerusakan terbatas pada beberapa situs.

IDF Klaim Serangan Sukses

Di kubu lawan, pasukan Pendudukan Israel (IDF) mengeluarkan pernyataan menyusul serangan semalam terhadap Iran pada Sabtu (26/10/2024) pagi, merinci sifat target Iran yang diserang oleh jet-jet tempurnya.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas