Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

4 Makanan Enak dan Ampuh Menurunkan Kolesterol Tinggi

Sebagai referensi, berikut makanan enak yang bisa kamu konsumsi untuk bantu tingkatkan kesehatan jantung.

4 Makanan Enak dan Ampuh Menurunkan Kolesterol Tinggi
Shutterstock
Ilustrasi. 

TRIBUNNEWS.COM - Direktur Southeast Asian Food and Agricultural Science and Technology Center (SEAFAST), Prof. Dr. Ir. Nuri Andarwulan mengatakan, kebiasaan makan sehat sebenarnya sudah banyak diterapkan oleh masyarakat.

Namun, pandemi yang terjadi menyadarkan masyarakat untuk mengutamakan konsumsi makanan bergizi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Khususnya mereka yang menderita jantung koroner.

Seperti diketahui, berdasarkan data Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, penyakit jantung koroner menempati posisi ketiga dengan gejala COVID-19, yaitu sebesar 19,9% dari 1.390 data yang tersedia.

Untuk itu, sebagai langkah menjaga kesehatan jantung, mulailah dengan menerapkan pola makan sehat serta memilih asupan yang rendah kolesterol.

Sebagai referensi, berikut makanan enak yang bisa kamu konsumsi untuk bantu tingkatkan kesehatan jantung.

Sayuran hijau dan buah-buahan

Bukan rahasia lagi jika sayuran hijau dan buah-buahan menjadi asupan enak dan banyak memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan.

Sayur dan buah memiliki banyak kandungan serat, vitamin, mineral, antioksidan, serta tidak meningkatkan kadar gula darah Anda dengan signifikan (indeks glikemik rendah).

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung dan sawi bisa menjadi pilihan karena kaya akan antioksidan, vitamin, mineral serta menjadi sumber vitamin K dan nitrat yang bagus untuk membantu melindungi arteri jantung, mengurangi tekanan darah, dan meningkatkan fungsi sel-sel yang melapisi pembuluh darah.

Nah, untuk buah-buahannya, aneka buah beri seperti raspberry dan blackcurrant dikenal sebagai buah-buahan dengan kandungan antioksidan polifenol dan serat yang tinggi. Selain itu, buah beri juga menjadi sumber folat, zat besi, kalsium, vitamin A, dan vitamin C, dan rendah lemak.

Plant Stanol Ester (PSE)

Plant Stanol Ester banyak terdapat dalam gandum, buah-buahan dan kacang-kacangan, yang dapat menjadi senjata dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Karena memiliki struktur yang mirip dengan kolesterol, tubuh pun terkecoh sehingga membantu mengikat garam empedu pada saluran pencernaan dan menghambat penyerapan kolesterol dari makanan.

Sayangnya, kandungan PSE dalam buah-buahan dan kacang-kacangan sangat sedikit, yakni hanya sekitar 100 miligram, sedangkan asupan PSE harian yang dianjurkan untuk menurunkan kolesterol jahat adalah 3 gram per hari.

Untuk memenuhinya, kamu bisa mengonsumsi makanan atau minuman penurun kolesterol.

Ikan berlemak

Kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi pada jenis ikan berlemak seperti salmon, tuna, makarel, dan juga sarden memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, mengutip dari Healthline, asam lemak omega-3 juga bermanfaat untuk menurunkan kadar trigliserida (lemak selain kolesterol) sebanyak 15 hingga 30 persen, menurunkan tekanan darah pada orang hipertensi, serta meningkatkan HDL (High Density Lipoprotein) atau kadar kolesterol baik di dalam tubuh.

Maka dari itu, American Heart Association (AHA) pun merekomendasikan masyarakat untuk mengonsumsi ikan kaya omega 3, setidaknya 2 porsi atau sekitar 200 gram per minggu untuk membantu menjaga kesehatan jantung dan juga tubuh.

Ngemil kacang-kacangan

Kamu suka ngemil? Untuk menjaga kesehatan jantung, pilihlah camilan sehat yang rendah lemak, bebas MSG, dan terbuat dari bahan organik.

Kamu juga bisa memilih kacang-kacangan sebagai bahan ngemil.  Selain kaya akan zat fitonutrien yang bermanfaat baik untuk jantung, kacang juga kaya akan serat dan air yang membuat kenyang tahan lama.

Ditambah lagi, kandungan antioksidan yang terdapat pada kacang-kacangan juga bermanfaat mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas penyebab kanker, penyakit Parkinson, dan Alzheimer.

Kacang-kacangan yang bisa kamu pilih di antaranya yaitu kacang almond, kenari, pistachio, hazelnut atau kacang tanah.

Dari keempat makanan di atas, ada cara enak untuk menurunkan kolesterol serta menjaga kesehatan jantung, yaitu dengan konsumsi Nutrive Benecol.  Minuman smoothies rasa buah yang satu ini mengandung Plant Stanol Ester (PSE) dan telah teruji klinis dapat menurunkan kadar kolesterol.

Nutrive Benecol hadir dengan 4 varian rasa enak yaitu Blackcurrant, Strawberry, Lychee, dan Orange. Dengan mengonsumsi rutin Nutrive Benecol sehari 2x langsung setelah makan, Anda dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner.

Enggak cuma itu saja, Nutrive Benecol juga sedang bagi-bagi hadiah untuk tiga orang pemenang dengan total Rp1,5 juta plus paket eksklusif dari Nutrive Benecol lho!

Buat kamu yang mau ikutan, caranya mudah banget. Kamu hanya perlu menjawab kuis dengan meng-klik banner di atas, lalu ikuti syarat di bawah ini:

1. Peserta yang mengikuti kuis ini merupakan Warga Negara Indonesia.

2. Wajib Follow Akun Instagram @tribunnews dan @nutrivebenecol_id.

3. Peserta yang mengikuti kuis ini harus mengisi pertanyaan kuis dan data diri dengan lengkap.

4. Pemilihan pemenang bersifat mutlak dari KALBE dan Tribunnews, tidak dapat diganggu-gugat.

5. Pajak ditanggung pemenang.

Data diri peserta dijamin kerahasiaannya oleh pihak KALBE dan Tribunnews. Dengan mengikuti seluruh ketentuan di atas, maka kamu otomatis menjadi peserta dan berkesempatan untuk menjadi pemenang.

Enggak perlu bingung ikutan kuisnya. Baca dengan lengkap informasi di artikel ini dan menangkan hadiahnya!

Ikuti kami di
Admin: Sponsored Content
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas