Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Persiapan Kehamilan

Lawan Stres, Ini 5 Persiapan Ibu Hamil yang Bisa Dilakukan

Anda sedang melakukan berbagai cara untuk hamil? Selain fisik, Anda juga perlu melakukan persiapan ibu hamil secara mental.

BizzInsight
Lawan Stres, Ini 5 Persiapan Ibu Hamil yang Bisa Dilakukan
Shutterstock
Tidak hanya fisik, sebagai calon ibu juga perlu melakukan persiapan ibu hamil secara mental. 

TRIBUNNEWS.COM – Anda sedang melakukan berbagai cara untuk hamil? Selain fisik, Anda juga perlu melakukan persiapan ibu hamil secara mental. Pasalnya, stres yang berlebihan bisa menyebabkan kemandulan.

Berdasarkan penjelasan dr. Fiona Amelia, MPH dari KlikDokter, stres bisa membuat haid menjadi tidak teratur, sehingga menyulitkan penghitungan masa subur. Sedangkan pada pria, stres akan menurunkan kualitas sperma.

Selain itu, banyak peneliti mengungkapkan stres emosional dapat mempengaruhi ketidaksuburan pada pasangan suami-istri karena terjadi gangguan pada hormon hypothalamic-pituitary-adrenal (HPA) axis, yang berfungsi melepaskan sel telur dan membentuk sperma.

Maka dari itu, persiapan ibu hamil secara mental sangatlah dibutuhkan guna mencegah terjadinya ketidaksuburan. Adapun beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

Salurkan emosi secara tepat

Jangan biarkan diri Anda menahan emosi negatif secara berkepanjangan. Penelitian dari Universitas Penn State Amerika Serikat membuktikan, semakin sering seseorang merasakan emosi negatif, semakin lemah pula kekebalan tubuh mereka.

Lebih baik, salurkan emosi negatif Anda ke hal-hal yang bermanfaat. Misalnya saja dengan menulis. Menulis bisa menjadi terapi bagi Anda yang ingin mengungkapkan rasa sedih ataupun kesal. Selain itu, ceritakan keluh kesah Anda kepada orang terdekat. Saat stres, Anda membutuhkan sandaran dan tempat ‘curhat’ agar pikiran Anda dapat teralihkan.

‘Me time’ tidak ada salahnya

Di tengah mobilitas yang cepat sekarang ini, me time kerap menjadi suatu kemewahan bagi setiap orang. Meluangkan waktu sendirian untuk melakukan hobi yang kita sukai, ternyata dapat memperbaiki kesehatan mental kita loh!

Dilansir dari Psychology Today, psikolog Sherrie Bourg Carter, PsyD menyebut beberapa manfaat me time, salah satunya adalah merevitalisasi tubuh, menjernihkan pikiran, dan meningkatkan kualitas hubungan dengan orang lain.

Siapkan waktu khusus di pagi atau malam hari, setidaknya 15 menit untuk me time. Jauhkan gadget sementara dan nikmati secangkir kopi atau membaca buku di dudukan sofa yang empuk.

Rutin berolahraga

Tak hanya demi tubuh yang sehat dan bugar, olahraga merupakan salah satu cara terbaik untuk mengelola stres. Saat melakukan aktivitas fisik, tubuh melepaskan endorfin yang dapat mengubah suasana hati dan kemarahan dalam sekejap.

Tidur cukup

Tahukah Anda stres meningkat 30 persen saat Anda kurang tidur? Mengutip The Independent, para peneliti dari University of California melakukan tes kesehatan dan hasilnya menunjukkan, mereka yang waktu tidurnya kurang, memiliki pengaruh terhadap peningkatan stres emosional hingga 30 persen.

Kebutuhan tidur tiap orang sangat bervariasi, tapi menurut National Sleep Foundation, wajarnya waktu tidur untuk orang dewasa adalah sekitar 7-9 jam per hari.

Pentingnya pemenuhan asupan nutrisi

Cara untuk hamil terakhir ini tidak boleh disepelekan. Menurut American Pregnancy Association, 3-4 bulan sebelum kehamilan, calon ibu wajib mengonsumsi nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesuburan.

Salah satunya adalah asam folat sebanyak 400 mg setiap harinya, yang berperan penting dalam pembentukan plasenta. Selain itu, calon ibu juga perlu konsumsi zat besi yang bermanfaat untuk kesuburan dan menguatkan kehamilan sehingga bisa mencegah keguguran dan anemia.

Kemudian zinc sebanyak 15 mg per hari, yang membantu organ reproduksi, yakni sel ovum berfungsi dengan baik, kalsium sebanyak 1000 mg per hari untuk mencegah keguguran pada awal terjadinya konsepsi, serta antioksidan untuk mengurangi radikal bebas yang seringkali dihubungkan sebagai penyebab susah hamil. Untuk memudahkan Anda, pilihlah susu khusus calon ibu hamil yang mengandung semua nutrisi di atas.

Menurut Head of Medical Marketing KALBE Nutritionals, dr. Muliaman Mansyur, susu persiapan kehamilan sangat dianjurkan karena di dalamnya terdapat nutrisi makro seperti protein yang berfungsi membawa nutrisi mikro seperti asam folat, zat besi, kalsium, omega 3, DHA, dan zinc. Nutrisi tersebut diyakini bisa membantu tubuh dan organ reproduksi lebih siap dibuahi atau hamil.

“Tentunya mempersiapkan kondisi tubuh termasuk kandungan atau rahim dengan baik akan memberikan dampak positif untuk terjadinya pembuahan dan kehamilan. Pada kondisi persiapan kehamilan ini, kontrol juga berat badan jangan sampai terlalu gemuk atau kurus, di sinilah peran nutrisi makro yang ada dalam susu bisa membantu,” ujar Muliaman.

Hadir dengan kandungan yang dibutuhkan dalam mempersiapkan kehamilan, PRENAGEN esensis merupakan susu rendah lemak yang mengandung asam folat, zinc, kalsium, fosfor, magnesium, dan vitamin D untuk membantu pemenuhan nutrisi bagi mereka yang sedang merencanakan kehamilan.

prenagen esensis terbaru november 2020

Tersedia dalam rasa Velvety Choco, French Vanilla, dan Groovy Mocha, PRENAGEN esensis bisa dikonsumsi sebanyak dua kali dalam sehari. Untuk tahap berikutnya, Anda bisa melanjutkan konsumsi PRENAGEN mommy yang juga memiliki kandungan nutrisi terbaik bagi ibu hamil dan si calon buah hati.

Kombinasi kesehatan mental, fisik, serta asupan nutrisi yang tepat tentunya diharapkan dapat mempermudah kehamilan Anda demi mendapatkan sang buah hati.

Penulis: Firda Fitri Yanda/Editor: Dana Delani

Ikuti kami di
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas