Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
kalbe-health-corner

Tips Menangkal Radikal Bebas: Konsumsi Susu Steril dengan Ekstrak Buah Zaitun

Salah satu asupan yang praktis untuk dikonsumsi untuk menangkal radikal bebas adalah susu steril dengan kandungan ekstrak buah zaitun.

zoom-in Tips Menangkal Radikal Bebas: Konsumsi Susu Steril dengan Ekstrak Buah Zaitun
Shutterstock
Ternyata, buah zaitun mengandung senyawa antioksidan tinggi yang bisa bantu melawan radikal bebas. 

TRIBUNNEWS.COM - Radikal bebas menjadi sesuatu yang tidak asing di masyarakat tetapi masih kerap disepelekan. Padahal, paparan radikal bebas yang berlebihan dan terus-menerus dapat membuat tubuh mengalami stres oksidatif yang kemudian dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya.

Stres oksidatif merupakan kondisi saat tubuh tidak memiliki cukup antioksidan untuk menetralkan paparan radikal bebas, sehingga menimbulkan berbagai risiko kesehatan.

Melansir dari KlikDokter, beberapa penyakit berbahaya yang disebabkan paparan radikal bebas diantaranya, gangguan sistem saraf pusat, seperti alzheimer dan demensia; penyakit kardiovaskular karena arteri yang tersumbat seperti hipertensi, serangan jantung, stroke, hingga gangguan autoimun dan inflamasi, seperti rheumatoid arthritis dan kanker.

Maka dari itu, penting untuk mencegah dampak buruk dari paparan radikal bebas. Apalagi kalau kamu punya gaya yang hidup sibuk dan sering terpapar polusi, sinar UV, atau pola makan tidak seimbang serta sudah memasuki usia 30-an.

Nah, untuk melawan radikal bebas, tubuh membutuhkan antioksidan. Kementerian Kesehatan menjelaskan, antioksidan berperan dalam menetralisir radikal bebas agar tubuh terhindar dari kerusakan akibat stres oksidatif yang dapat merusak susunan DNA sel sehingga meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh dan menyebabkan peradangan, serta melemahkan sistem imunitas tubuh.

Sebenarnya, tubuh dapat menghasilkan antioksidan secara alami, tapi jumlahnya tidak cukup untuk mengimbangi jumlah radikal bebas yang menumpuk dalam tubuh. Selain itu, jumlah antioksidan alami tubuh akan menurun seiring dengan bertambahnya usia atau akibat faktor-faktor seperti polusi, paparan sinar matahari, dan pola makan yang kurang baik. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan dan minuman kaya antioksidan menjadi penting, salah satunya adalah susu. Namun, tidak semua jenis susu memiliki manfaat yang sama.

Salah satu asupan yang praktis untuk dikonsumsi untuk menangkal radikal bebas adalah susu steril. Mengapa demikian? Apa yang membedakannya dengan jenis susu lain seperti susu UHT?

Baca juga: Ini Dia Susu Steril untuk Jaga Daya Tahan Tubuh, Kekuatan Tulang, dan Kesehatan Jantung!

BERITA REKOMENDASI

Susu steril dan susu UHT, apa bedanya?

Perlu kamu ketahui, susu steril merupakan susu sapi yang telah melewati proses sterilisasi. Dalam prosesnya, sterilisasi dilakukan dengan memanaskan susu pada suhu 121.1 derajat celsius selama setidaknya 3 menit.

Nah, proses sterilisasi ini membunuh bakteri dan mikroorganisme berbahaya namun tetap menjaga kandungan nutrisi dalam susu tetap optimal, sehingga baik untuk dikonsumsi dan dapat disimpan pada suhu ruang dalam jangka waktu yang lebih lama. Selain itu, susu juga tidak mudah rusak selama kemasan belum dibuka atau tidak bocor.

Berbeda dengan susu steril, susu UHT atau ultra high temperature menggunakan suhu yang lebih tinggi yaitu 135 sampai 150 derajat celsius, tetapi dalam periode waktu yang singkat hanya dalam beberapa detik.

Melansir Kompas.com, proses pemanasan dengan suhu yang tinggi tersebut akan memecah protein dan nutrisi yang ada dalam susu sehingga kandungan gizi alaminya berkurang. Oleh sebab itu, produk susu UHT sering mendapatkan tambahan vitamin atau fortifikasi untuk mengatasi kekurangan ini.


Susu steril dengan ekstrak buah zaitun, antioksidan alami yang praktis dikonsumsi

Susu steril dengan kandungan ekstrak buah zaitun menjadi salah satu sumber antioksidan yang praktis dikonsumsi. Kenapa sih buah zaitun? Ternyata, buah zaitun mengandung senyawa antioksidan tinggi yang bisa bantu melawan radikal bebas.

Di Indonesia, pertama dan satu-satunya susu steril yang juga mengandung ekstrak buah zaitun adalah Entrasol Can Susu Steril. Ekstrak buah zaitun yang terdapat dalam Entrasol Can Susu Steril mengandung zat aktif hydroxytyrosol yaitu jenis polifenol pada ekstrak buah zaitun dengan kandungan antioksidan alami.

Zat aktif hydroxytyrosol inilah yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas, yang daya tangkalnya 4 kali lebih kuat dari vitamin C, sekaligus menjaga kesehatan tulang dan jantung.

Selain itu, Entrasol Can Susu Steril juga menjadi produk pilihan yang lebih sehat dibandingkan produk sejenis karena kaya akan kandungan kalsium, rendah garam, tanpa penambahan gula, dan hanya 100 kalori.

Tak hanya kaya nutrisi dan praktis dikonsumsi, susu steril yang kaya antioksidan ini juga hadir dengan varian rasa plain dan bisa kamu dapatkan di toko-toko terdekatmu. So, kamu bisa mengonsumsinya setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian dan menangkal radikal bebas dengan lebih praktis.

Penulis: Nurfina Fitri Melina | Editor: Vincent

Baca juga: Susu yang Lebih dari Sekadar Susu, Cocok untuk Kamu Si Paling Sibuk!

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas