Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Justru Ketika Sedang Hamil Tua, Jangan Buru-buru Ambil Cuti, Ini Alasannya

Saat hamil tua, wanita justru disarankan banyak bergerak untuk memperlancar kelahiran bayi. Jadi, jangan buru-buru cuti ya!

Penulis: Daniel Ngantung
Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in Justru Ketika Sedang Hamil Tua, Jangan Buru-buru Ambil Cuti, Ini Alasannya
Telegraph

TRIBUNNEWS.COM - Ketika tiba di penghujung trisemester kehamilan, biasanya para ibu hamil berkarier dihadapkan pada sebuah pilihan: cuti atau tidak.

Dalam diskusi Soho #BetterU yang digelar Soho Group, Rabu (16/4/2014), dokter obstetri dan ginekologi Ardiansjah Dara Sjahruddin menyarankan para ibu hamil agar tetap bekerja.

"Alasannya, dengan bekerja berarti Anda banyak bergerak. Tubuh yang aktif bergerak membuat rongga-rongga di sekitar rahim ikut bergerak. Lalu terjadi pula penekanan saraf yang membantu tubuh mengeluarkan oksitoksin secara alami," ujarnya.

Oksitoksin, kata Ardian, merupakan hormon yang berfungsi mengirimkan sinyal ke rahim untuk merangsang kontraksi yang kuat pada dinding rahim sehingga mempermudah keluarnya bayi secara normal. Hormon ini diproduksi di otak kecil perempuan.

"Paling dominan diproduksi ketika memasuki trisemester akhir," ujar dokter yang berpraktik di Siloam Hospital Semanggi itu.

Bila kontraksi tak kunjung muncul sampai melewati masa cukup bulan (aterm) untuk bersalin yaitu di atas 40 minggu, maka dokter akan melakukan tindakan induksi. Salah satunya dengan pemberian oksitoksin sintetis melalui infus intravena.

Daniel Ngantung

BERITA TERKAIT
Tags:
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas