Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Megawati: Politik Harus Kedepankan Peningkatan Kualitas dan Masa Depan Beradaban Bangsa

Megawati mengatakan bahwa rakyat adalah sumber kebudayaan. Dimana, sumber kebudayaan itu sangatlah luas.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Megawati: Politik Harus Kedepankan Peningkatan Kualitas dan Masa Depan Beradaban Bangsa
Tribunnews/Fransiskus Adhiyuda
Presiden Kelima RI sekaligus Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memberikan orasi ilmiah untuk penganugerahan gelar profesor kehormatan bidang pariwisata dan warisan budaya dari Siilk Road International University of Tourism and Cultural Heritage (IUTCH), Uzbekistan, pada Sabtu (21/9/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, UZBEKISTAN - Presiden Kelima RI sekaligus Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengatakan bahwa rakyat adalah sumber kebudayaan. Dimana, sumber kebudayaan itu sangatlah luas.

Megawati pun menggambarkan, bahwa manusia sebagai makhluk sosial menyatukan diri dalam komunitas sosialnya, dan membangun kebudayaan bersama, hingga lahirlah bangsa-bangsa. Ungkapan itu didapat Megawati dari ajaran Presiden Pertama RI Ir Soekarno atau Bung Karno.

Hal itu disampaikan Megawati dalam pidato ilmiahnya bertema ‘Jalan Kebudayaan dan Titik Temu Peradaban’ saat menerima penganugerahan gelar profesor kehormatan dari Universitas Silk Road Internasional, Samarkand, Uzbekistan, pada Sabtu (21/9/2024) waktu setempat.

Penganugerahan gelar profesor kehormatan ini merupakan gelar ketiga yang diterima Megawati. Kali ini Megawati mendapat gelar Profesor Kehormatan di Bidang Pariwisata Budaya Berkelanjutan (Sustainable Cultural Tourism).

“Dalam komunitas itu tercipta suatu kehendak bersama, aturan hidup bersama, komitmen terhadap nilai yang disepakati, dan membangun moralitas kelompok, hingga sistem kehidupan berbangsa melalui tatanan hukum bernegara,” kata Megawati.

“Jadi kebudayaan adalah jalan peradaban umat manusia,” sambung dia.

BERITA TERKAIT

Lebih lanjut, Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) ini juga menambahkan bahwa sang proklamator Bung Karno turut memberikan ajaran bahwa politik itu jalan kehidupan. 

Di mana, politik harus berorientasi pada peningkatan kualitas peradaban suatu bangsa. 

“Dengan wataknya yang seperti ini, politik bertanggung jawab terhadap masa depan umat manusia sedunia,” jelasnya.

Adapun mendampingi Megawati dalam penerimaan gelar profesor kehoramatan ini diantaranya,  Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga dan Guru Besar Fakultas Hubungan Internasional Universitas St.Petersburg, Connie Rahakundini Bakrie.

Dari unsur internal PDIP, tampak Ketua DPP PDIP Bidang Luar Negeri Ahmad Basarah, Ketua DPP PDIP Bidang Kelautan dan Perikanan Rokhmin Dahuri Ismail dan Ketua DPP PDIP Bidang Pariwisata, S.B. Wiryanti Sukamdani.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas