Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Ini Lima Cara Kementerian Kesehatan Tekan Angka Kematian Ibu

Data dari Ditjen Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak, angka kematian ibu mencapai 359 per 100 ribu kelahiran hidup

Ini Lima Cara Kementerian Kesehatan Tekan Angka Kematian Ibu
Shutterstock

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Data dari Direktur Jenderal Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak, angka kematian ibu mencapai 359 per 100 ribu kelahiran hidup.

Nah, untuk menekan angka kematian ibu ini, Dirjen Bina Gizi dan Kesehatan Ibu Anak (KIA) Kementerian Kesehatan telah mengambil langkah pengurangan.

Berikut lima langkah pengurangan seperti yang disampaikan Direktur Jenderal Bina Gizi dan Kesehatan Ibu Anak Kementerian Kesehatan,
Anung Sugihantono di Jakarta, Senin (21/4/2014).

- Intervensi di hilir dan  hulu

Kementerian Kesehatan akan memperbanyak tenaga kesehatan di  daerah terpencil. Perhatian juga diberikan di Jawa. karena jumlah kehamilan jauh lebih banyak. Bahkan, sejumlah tempat jangkauan pelayanannya masih dirasa kurang.

- Lengkapi  sarana dan prasarana

Kemudahan akses kesehatan menjadi kunci menurunkan angka kematian ibu. Tidak hanya di asilitas kesehatan  dasar tapi rujukan sehingga mampu menyelamatkan bunda.

- Penyediaan Obat

Sebagai langkah perluasan akses dan mutu, Kementerian Kesehatan akan menyediakan obat ini dalam satu kesatuan dengan sistem layanan kesehatan.

- Tingkatkan Pemahaman tentang Kehamilan

Perlu ditekankan pemahaman tentang kehamilan bahwa hamil bukan risiko pernikahan, tapi dilihat sebagai  tujuan utama. Artinya  jangan sampai kehamilan tidak disiapkan.

- Melakukan riset-riset  melalui badan penelitian dan pengembangan.

Salah satunya menganlisis kasus terjadinya peristiwa atau fenomena kematian ibu melahirkan sangat tinggi di daerah. Melalui riset ini akan bisa diketahui apa yang menjadi penyebabnya. (Eko Sutriyanto)

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas