Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Gejala Akibat Infeksi Listeria yang Ada di Apel Granny Smith dan Gala

Kementerian perdagangan RI telah menghentikan izin kegiatan impor apel jenis Granny Smith dan Gala asal Amerika Serikat

Editor: Budi Prasetyo
zoom-in Gejala Akibat Infeksi Listeria  yang  Ada   di Apel Granny Smith dan Gala
Istimewa

Apel Asal Amerika  Megandung Bakteri Listeria

TRIBUNNEWS.COM. JAKARTA -Kementerian perdagangan RI telah menghentikan izin kegiatan impor apel jenis Granny Smith dan Gala asal Amerika Serikat (AS), Senin (26/1/2015).

Pengehentian impor terkait peringatan yang dikeluarkan Kementerian Pertanian Amerika Serikat atau The United States Department of Agriculture (USDA) terkait Apel dugaan produk apel mengandung bakteri berbahaya, Listeria Monocytogenes.

Di Amerika , kasus ini muncul setelah beberapa orang terinfeksi bakteri karena mengkonsumsi candy berbahan baku apel Granny Smith dan Gala.

Gejala awal terinfeksi bakteri listeria adalah demam, nyeri otot, pusing, badan lemas, muntah-muntah, dan kadang-kadang didahului dengan diare. Gejala-gejala tersebut dapat muncul selama beberapa hari, bahkan sampai beberapa minggu.

Jika infeksi listeria sudah menyebar ke sistem saraf, maka gejala-gejala yang timbul dapat berupa sakit kepala, leher kaku, tingkat kewaspadaan menurun, kehilangan keseimbangan, dan kejang. Infeksi listeria juga bisa menyebabkan meningitis dan sekitar 20% kasus listeria bisa berujung pada kematian.

Listeria merupakan nama bakteri yang ditemukan pada tanah, air, dan beberapa hewan termasuk unggas dan ternak. Bakteri ini bisa menginfeksi manusia, salah satunya lewat makanan.

BERITA TERKAIT

Infeksi bakteri listeria pada manusia dapat menimbulkan penyakit yang disebut dengan Listeriosis. Jenis bakteri listeria yang umumnya menginfeksi manusia adalah genus Listeria monocytogenes.

Dampak dari infeksi bakteri listeria bisa sangat berbahaya, diantaranya bisa menyebabkan gangguan pencernaan, muntah-muntah, demam, diare, meningitis, bahkan bisa menimbulkan kematian.(dari berbagai sumber)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas