Tribun Kesehatan

Tingkatkan Produktivitas, Sido Muncul dan SDM Polri Adakan Operasi Katarak Gratis

PT Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk kembali memberikan kontribusinya dalam pelayanan kesehatan untuk masyarakat pra sejahtera. Pada kesempatan kali in

Editor: Content Writer
Tingkatkan Produktivitas, Sido Muncul dan SDM Polri Adakan Operasi Katarak Gratis
Tribunnews/Dea Duta Aulia
Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat (kemeja putih) secara simbolis menyerahkan bantuan kepada As SDM Polri Irjen. Pol. Eko Indra Heri di RS Bhayangkara Sartika Asih Bandung, Selasa (10/03) siang. Tribunnews/Dea Duta Aulia. 

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - PT Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk kembali memberikan kontribusinya dalam pelayanan kesehatan untuk masyarakat pra sejahtera. Pada kesempatan kali ini, Sido Muncul berkolaborasi dengan SDM Polri kembali mengadakan operasi gratis bagi 200 penderita katarak di Balikpapan dan Bandung.

Menurut Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat, kolaborasi tersebut telah berlansung sebanyak empat kali. “Operasi Katarak Gratis Sido Muncul bersama SDM Polri merupakan yang kedua kalinya pada tahun ini. Tahun lalu, kami sudah melaksanakannya di Makassar dan Denpasar,” katanya di RS Bhayangkara Sartika Asih Bandung, Selasa (10/3/2020) siang.

Selain itu, Irwan Hidayat juga mengatakan untuk operasi katarak gratis di Balikpapan terlah berlangsung pada 6 Maret 2020 lalu di RS Bhayangkara Balikpapan.

“Kami sangat menyambut baik kerja sama ini dengan harapan bisa membantu para penderita katarak untuk kembali beraktivitas,” ujar Irwan Hidayat.

Sesuai prosedur, sebelum melakukan operasi, para pasien harus melakukan proses screening yang telah berlangsung sejak 20 Februari hingga 6 Maret 2020 lalu. Pencarian calon pasien dan periksaan awal, dari pihak Kepolisian melibatkan 17 Polres dan Polrestabes yang tersebar di Jawa Barat. Dari tahap tersebut, tercatat sebanyak 232 calon pasien dan 70 di antaranya dinyatakan lolos syarat operasi katarak gratis di RS Bhayangkara Sartika Asih Bandung.

“Dalam proses pencarian pasien, kami mempunyai teman-teman di berbagai daerah. Mereka yang mencari pasien,” kata As SDM Polri Irjen Pol, Eko Indra Heri.

Selain itu, Irwan Hidayat berharap, melalui kegiatan ini, jumlah penderita penyakit katarak semakin berkurang. Ia mengatakan, penyakit tersebut dapat mengurangi tingkat produktivitas seseorang sebanyak 50%.

“Dengan adanya kegiatan ini, saya berharap jumlah penderita katarak semakin berkurang. Sebab orang itu kalau kehilangan pengelihatan, 50 persen kualitas hidupnya hilang,” ujar Irwan Hidayat.

Bukan hanya untuk menekan angka penderita penyakit katarak, operasi gratis ini juga merupakan bentuk komitmen Sido Muncul dalam menjaga kesehatan dan produktivitas masyarakat Indonesia. Terhitung sejak 2011 hingga saat ini, Sido Muncul telah mengoperasi lebih dari 54.000 mata di seluruh Indonesia.

“Kami telah mengadakan operasi katarak gratis ini selama 10 tahun. Selama ini pula kami selalu berjalan dengan dokter mata yang tergabung di Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami). Saya juga mengucapkan terima kasih kepada dokter yang menangani, sebab tanpa mereka, kegiatan ini tidak akan berjalan,” ungkapnya.

Selain berkolaborasi dengan pihak Kepolisian dan Perdami, Sido Muncul juga begitu terbuka untuk bekerja sama dengan berbagai pihak dalam mengadakan operasi katarak gratis dengan tujuan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia. (dda/dan)

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas