Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Dikhususkan Buat Pasien Covid-19, Ruang HCU dan PICU Gedung Kiara RSCM Rampung Direnovasi

sistem udaranya di setiap lantai diubah menggunakan negative pressure (ruangan bertekanan udara negatif)

Dikhususkan Buat Pasien Covid-19, Ruang HCU dan PICU Gedung Kiara RSCM Rampung Direnovasi
Warta Kota/angga bhagya nugraha
Warga berjalan keluar dari Rumah Sakit Cipto Manungkusumo (RSCM) di Salemba, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2013). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ruang Isolasi High Care Unit (HCU) dan Pediatric Intensive Care Unit (PICU) yang diperuntukkan khusus pasien Covid-19 di lantai 4 Gedung Kiara, Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM), diresmikan penggunaannya, Kamis (30/4/2020) pagi lalu.

Peresmian penggunaan ruangan dibarengi penyerahan perlengkapan medis ICU dan HCU Gedung Kiara RSCM dari para donator.

Acara ini dihadiri Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Deputi Bidang Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan, Direktur Utama RSCM dr Lies Dina Liastuti. Sedangkan dari WEGE dihadiri oleh Direktur Operasi 1 WEGE Rudy Hartono.

Dirut RSCM memaparkan, Gedung Kiara ini sudah beroperasi mulai 16 April 2020 lalu.

Dia mengatakan, awalnya gedung ini bukan diperuntukan pasien Covid-19.

"Sebelum digunakan tanggal 16 April, kami sudah mengubah sistem udaranya setiap lantai dengan menggunakan negative pressure (ruangan bertekanan udara negatif). Kami pun didukungan oleh Kemenkes dalam proses evakuasi pasien Covid-19 ke lantai 6 untuk sementara. Tapi tenang saja, semua sirkulasi udaranya aman, karena punya jalur masing-masing," terang dr Lies dilansir Warta Kota.

Renovasi pada lantai 4 ini adalah bagian dari proyek yang dikerjakan WEGE sebagai kontraktor yang ditunjuk Management RSCM.

WEGE melakukan perubahan fisik pada Gedung Kiara lantai 3 dan 4 dengan lingkup pekerjaan meliputi alih fungsi ruang isolasi, Finishing, & MEP.

“WEGE memiliki jangka waktu pengerjaan 1 (bulan) terhitung sejak tanggal 17 April 2020. Tapi, waktu efektif untuk renovasi yang dilakukan pada lantai 4 hanya butuh waktu 10 hari dari tanggal 20 sampai 29 April 2020,” jelas Rudy Hartono.

Di lantai 4 ini, WEGE memasang Hepa Filter sebanyak 42 unit agar sirkuasi udara dari dalam yang masih mengandung bakteri dan virus akan keluar menjadi bersih kembali, sehingga aman untuk dikembalikan ke ruang bebas.

Tantangan lain yang dihadapi adalah operasional Gedung RSCM yang tidak bisa dijeda, sedangkan pengerjaan renovasi harus tetap dikerjakan.

“Tim WEGE mampu mengatasi tantangan tersebut dengan tetap mengedepankan kesehatan dan keselamatan kerja seluruh timnya terlebih dalam kondisi Pandemi seperti ini,” tambahnya.

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul WEGE Rampungkan Renovasi Ruang HCU dan PICU Gedung Kiara RSCM

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas