Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Avigan Resmi Jadi Obat untuk Pasien Covid-19 di Jepang, Seberapa Bagus Khasiatnya?

Studi sementara tidak menunjukkan bukti yang jelas tentang kemanjuran Avigan untuk pengobatan Covid-19.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Avigan Resmi Jadi Obat untuk Pasien Covid-19 di Jepang, Seberapa Bagus Khasiatnya?
Richard Susilo
Obat Avigan buatan Fujifilm Toyama Chemical Jepang. 

Sumber: Reuters | Editor: S.S. Kurniawan

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Pemerintah Jepang akan menyetujui obat Avigan buatan Fujifilm Holdings untuk pengobatan Covid-19 pada akhir Mei, Kyodo News melaporkan pada Senin (25/5) mengutip seorang pejabat pemerintah.

Perdana Menteri Shinzo Abe mengatakan pada awal bulan ini, ia berharap Avigan bisa mendapat persetujuan dalam beberapa waktu ke depan pada Mei jika kemanjuran dan keamanannya bisa terkonfirmasi.

Saham Fujifilm merosot pekan lalu setelah laporan Kyodo News menyebutkan, studi sementara tidak menunjukkan bukti yang jelas tentang kemanjuran Avigan untuk pengobatan Covid-19.

Para peneliti di Universitas Kesehatan Fujita, yang sedang melakukan uji klinis terhadap Avigan, menyebutkan, studi sementara untuk memastikan validitas ilmiah dari uji coba tersebut, bukan buat menentukan kemanjuran obat itu.

Selama konferensi pers tentang laporan keuangan pada 22 Mei lalu, Senior Vice President Fujifilm Junji Okada menolak mengomentari kapan Avigan mungkin mendapat persetujuan dari otoritas Jepang.

Fujifilm tidak segera menanggapi permintaan Reuters untuk memberikan komentar pada Selasa (26/5/2020).

BERITA TERKAIT

Ketertarikan pada Avigan, yang secara umum dikenal sebagai favipiravir, melonjak pada Maret lalu, setelah seorang pejabat China mengatakan, obat itu untuk membantu pasien pulih dari Covid-19. 

Baca: Anies Minta untuk Sementara Waktu Jangan ke Jakarta Dulu

Obat ini sekarang menjadi subjek dari setidaknya 16 uji klinis di seluruh dunia. Kekhawatiran terhadap Avigan muncul karena terbukti menyebabkan cacat lahir pada penelitian atas hewan.

Baca: Jokowi Turunkan TNI dan Polri untuk Disiplinkan PSBB ke Warga di 25 Kabupaten/Kota Ini

Pemerintah Jepang telah meminta Fujifilm untuk melipatgandakan stok obat nasional, mendapat persetujuan pada 2014 sebagai pengobatan flu darurat, dan berjanji untuk menyumbangkannya ke negara lain atas permintaan.

Baca: Nama Hotman Paris dan Yusril Ihza Mahendra Tak Masuk Daftar 100 Pengacara Top Indonesia

Lusinan uji klinis untuk perawatan Covid-19 dan vaksin potensial sedang berlangsung di seluruh dunia. Salah satu kandidat adalah vaksin DNA yang perusahaan biofarmasi AnGes dan Universitas Osaka kembangkan.

Surat kabar Nikkei pada Senin (25/5/2020) menyebutkan, AnGes akan memulai uji klinis vaksinnya terhadap manusia pada Juli nanti, lebih cepat dari rencana awal di September.

Artikel ini tayang di Kontan dengan judul  Jepang setujui Avigan untuk pengobatan Covid-19, manjur dan aman?

Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas