Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Anak Alergi Susu Sapi, Jaga Imunitasnya di Masa Pandemi, Jangan Tunda Imunisasi, Rajin Berjemur

Anak-anak dengan alergi susu sapi harus rajin berjemur di bawah matahari pagi yang punya banyak kandungan Vitamin D.

Anak Alergi Susu Sapi, Jaga Imunitasnya di Masa Pandemi, Jangan Tunda Imunisasi, Rajin Berjemur
Tribunnews/Irwan Rismawan
Petugas medis dari Puskesmas Babakan dengan alat pelindung diri (APD) memberikan imunisasi kepada seorang balita di Posbindu Cempaka 2 Babakan, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (12/5/2020). Pelayanan imuniasi tersebut untuk menjaga kesehatan anak walaupun di masa pandemi virus corona (Covid-19), dengan mengedepankan protokol kesehatan pencegahaan penularan Covid-19 saat memberikan pelayanan. Tribunnews/Irwan Rismawan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Di masa pandemi covid-19 anak-anak yang memiliki alergi susu sapi harus semakin menjaga imunitas supaya terhindar dari penyakit.

Konsultan Alergi dan Imunologi Anak Prof. DR. dr. Budi Setiabudiawan, SpA(k), M.Kes menyebutkan untuk menjaga imunitas anak yang memiliki alergi jangan sampai kelewatan imunisasi.

Imunisasi yang sesuai waktunya dapat menambah kekebalan tubuh anak sehingga terhindar dari covid-19 dan penyakit lainnya.

"Jangan ditunda imunisasi karena kalau ditunda imunisasi nanti yang ditakutkan nanti akan timbul wabah penyakit lain yang sebenarnya bisa dicegah dengan imunisasi," kata Prof. Budi saat webinar Pekan Tanggap Alergi Generasi Maju, Senin (29/6/2020).

Anak-anak dengan alergi susu sapi harus rajin berjemur di bawah matahari pagi yang punya banyak kandungan Vitamin D.

Baca: Kupas Tuntas Mitos Susu Formula Soya Untuk Anak yang Alergi Susu Sapi

Baca: Pentingnya Imunisasi Orang Dewasa untuk Meningkatkan Imun Tubuh Saat Pandemi Covid-19

ilustrasi anak bermain sebagai dokter
ilustrasi anak bermain sebagai dokter (freepik)

Sinar matahari pagi yang mengandung Vitamin D punya manfaat untuk meningkatakan daya tahan tubuh anak sehingga tidak mudah sakit

"Yang paling penting selama adaptasi kebiasaan baru dan seterusnya ajak si kecil berjemur di depan rumah jangan karena stay at home anak gak kekuar rumah, boleh keluar kalau untuk berjemur 10 sampai 15 menit di depan rumah saja," ungkap Prof. Budi.

Nutrisi lengkap dari sayur dan buah-buahan juga bisa membantu menghindari penyakit, dan karena memiliki alergi susu jangan memberikan anak produk susu sapi maupun turunannya. Untuk susu sapi bisa diganti dengan susu soya.

Selama di rumah aja ajarkan anak perilaku hidup bersih dan sehat seperti rajin mencuci tangan, menjaga jarak, dan jangan bawa anak ke tempat umum dulu.

"Ajari anak mencuci tangan menggunakan sabun memakai masker dan menghindari kerumuman dan keramaian, banyak orang tua mulai ke mall hindari membawa anak," pungkas Prof. Budi.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Anita K Wardhani
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas