Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penderita Gangguan Inkonrinensia Urine Disarankan Gunakan Popok Khusus

Inkontinensia urin merupakan kondisi saat seseorang tidak dapat mengontrol buang air kecil sehingga bisa disebut kehilangan kontrol kandung kemih.

Penderita Gangguan Inkonrinensia Urine Disarankan Gunakan Popok Khusus
GRID.ID/Freepik.com
Inkontinensia urin masih menjadi persoalan serius yang dihadapi oleh para lanjut usia saat ini. Inkontinensia urin merupakan kondisi saat seseorang tidak dapat mengontrol buang air kecil sehingga bisa disebut kehilangan kontrol kandung kemih. 

Laporan Reporter Tribunnews, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Inkontinensia urin masih menjadi persoalan serius yang dihadapi oleh para lanjut usia saat ini.

Inkontinensia urin merupakan kondisi saat seseorang tidak dapat mengontrol buang air kecil sehingga bisa disebut kehilangan kontrol kandung kemih.

Jika gejala ini bisa disembuhkan sendiri, maka

Baca: Pria India Tak Terima Diberi Hand Sanitizer Urin Sapi: Tangan Saya Berbau Aneh

itu baik-baik saja, tetapi jika masalah terus berlanjut untuk waktu yang lama, maka ini bisa disebabkan karena gagal ginjal.

Ada beberapa tipe gangguan ini, yakni overflow, dimana urine dalam kandung kemih sudah terlalu penuh yang ditandai rasa tidak puas setelah kencing karena urine sedikit keluar dan pancaranannya lemah.

Gejala lainnya disebabkan stress, saat batuk, tertawa, atau bersin, urine akan keluar karena terjadinya peningkatan tekanan dalam perut.

Lalu ada Urge, ditandai denga ketidakmampuan menunda berkemih setelah sensasi berkemih muncul, karena otot kandung kemih (otot destrusor) tidak stabil.

Baca: 10 Praktik Kecantikan Kuno Paling Aneh di Dunia, di Antaranya Urin Sebagai Pemutih Gigi

"Pada kondisi ini, penderita sering mengalami urin keluar tiba-tiba, sehingga mereka terpaksa harus menggunakan popok," kata Nirma Sofiawati, Head of Marketing Adult Care PT. Softex Indonesia dalam keterangannya, Selasa (30/6/2020).

Kondisi inkontinensia urin biasanya terjadi pada orang-orang lanjut usia.

Baca: Mengeluh Sakit Perut, Ternyata Ada Kabel Charger HP Sepanjang 61 Cm dalam Kandung Kemih Pria Ini

Halaman
12
Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas