Tribun Kesehatan

Konsumsi Jamu untuk Tingkatkan Imun Tubuh: Cara Pembuatan, Dosis hingga Khasiatnya

Mengkonsumsi jamu diyakini mampu meningkatkan daya tahan tubuh atau kekebalan tubuh (imunitas) dari berbagai penyakit termasuk Covid-19.

Penulis: Daryono
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Konsumsi Jamu untuk Tingkatkan Imun Tubuh: Cara Pembuatan, Dosis hingga Khasiatnya
hellosehat
Ramuan temulawak 

TRIBUNNEWS.COM - Mengkonsumsi jamu diyakini mampu meningkatkan daya tahan tubuh atau kekebalan tubuh (imunitas) dari berbagai penyakit termasuk Covid-19. 

Jamu apa saja yang sebaiknya dikonsumsi dan bagaimana aturan mengkonsumsi jamu yang benar? 

Ketua Jurusan Jamu Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes) Surakarta, Indarto AS mengatakan tubuh manusia sebenarnya sudah memiliki sistem pertahanan atau sistem imun dari serangan virus atau kuman dari luar. 

Sistem imun itu ada yang berupa kekebalan tubuh bawaan sejak lahir seperti kulit, rambut, hormon, enzim, HCl di dalam perut. 

Namun, ada pula kekebalan tubuh yang sifatnya imun adaftif. 

Baca: Tips Meningkatkan Sistem Imun Bagi Anda Berusia di Atas 50 Tahun

Dalam proses pembentukan imun adaftif ini, lanjut Indarto, pembentukan sel makrofa atau sel limposit untuk melawan virus atau kuman dipengaruhi oleh beberapa sintesa zat-zat kimia alami.

Zat-zat kimia alami itulah yang terdapat dalam tanaman-tanaman jamu yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh atau menekan daya tahan tubuh kalau berlebihan. 

"Jadi, herbal atau jamu itu berfungi merangsang sel-sel yang bekerja untuk imunitas," kata Indarto saat wawancara via zoom, Kamis (2/7/2020). 

Wawancara Tribunnews.com dengan Ketua Jurusan Jamu Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes) Surakarta, Indarto AS, Kamis (2/7/2020).
Wawancara Tribunnews.com dengan Ketua Jurusan Jamu Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes) Surakarta, Indarto AS (kiri), Kamis (2/7/2020). (Tangkap layar zoom)

Indarto menerangkan,  jenis tanaman untuk jamu jumlahnya cukup banyak. 

Tanaman itu umumnya sudah tersedia di sekitar masyatarakat. 

Di antaranya ada empon empon, jahe, kunyit, lengkuas, kunyit, temulawak, kayu manis, jeruk, daun kelor, kencur, sirih, aloe vera (lidah buaya) dan meniran. 

Baca: Kalbe Farma Uji Klinis Dua Obat Virus Corona dari Empon-empon, Apa Saja Bahannya?

Masing-masing tanaman itu mengandung zat kimia yang mampu merangsang peningkatan daya tahan tubuh. 

"Sebagai contoh, jahe mengandung kuersetin, ini berfungsi antibodi, mengaktifkan Nature Killer (NK) Cell. Lalu kunyit, kurkuminoid-nya baik sekali untuk merangsang meningkatkan daya tahan tubuh," ujar dia. 

Jahe dan kunyit termasuk aneka empon-empon atau rempah yang dipercaya bisa menangkal virus corona.
Jahe dan kunyit termasuk aneka empon-empon atau rempah yang dipercaya bisa menangkal virus corona. (steptohealth/SuryaMalang)

Panduan Mengkonsumsi Jamu

berita POPULER
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas