Tribun Kesehatan

Cara Melepas Bayi yang Menggigit Saat Minum ASI Supaya Tidak Menyebabkan Trauma

Pada anak-anak rasa kaget saat disentuh halus biasanya akan diartikan sebagai bentuk diajak bermain oleh orang tuanya

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Hendra Gunawan
Cara Melepas Bayi yang Menggigit Saat Minum ASI Supaya Tidak Menyebabkan Trauma
Richard Susilo
Bayi yang baru lahir diberikan air susu ibu 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Saat bayi sudah mulai tumbuh gigi masalah yang sering terjadi adalah bayi jadi sering menggigit puting payudara ibu hingga membuat bagian puting lecet.

Ada kebiasaan di masyarakat saat anak menggigit puting ibu maka cara menghindarinya dengan memencet hidungnya sehingga ia membuka mulutnya.

Tapi menurut Pakar Laktasi dr. Ameetha Drupadi cara yang lebih ampuh dan tidak meninggalkan trauma bagi anak adalah dengan cara menyelipkan jari kelingking diantara mulut bayi dan payudara ibu.

Saat bayi merasa ada yang mengganjal dan menghisap susunya jadi tidak enak maka bayi bisa akan langsung meninggalkan hisapannya.

Baca: Sandra Dewi Ceritakan Perbedaan Karakter Kedua Anaknya Saat Menyusui

"Pakai kelingking selipin diputing untuk bayi bisa melepas, jangan lupa sebelum dan sesudah menyusui harus cuci tangan," ungkap dr. Ameetha, saat live bersama Teman Bumil, Senin (10/8/2020).

Kalau dengan cara memencet hidung bayi, bayi akan merasa kaget atau terkejut dan membuka mulut bukan karena merasa sedang ditegur tapi karena ia merasa seperti sedang di ajak bermain.

Pada anak-anak rasa kaget saat disentuh halus biasanya akan diartikan sebagai bentuk diajak bermain oleh orang tuanya yang berisiko anak akan kembali menggigit puting ibu.

Baca: Bukan Hanya Baik untuk Bayi, Pada Ibu Aktivitas Menyusui Dapat Turunkan Risiko Diabetes Tipe 2

"Pas dipencet hidungnya anak merasa kaget, nah anak punya kepintaran pas kaget ketawa jadi dia melepas puting tapi dikira lagi dihibur, maka lebih efektif selipin tangan," kata dr. Ameetha.

Saat puting lecet karena gigitan bayi bisa sembuhkan dengan mengoleskan ASI di bagian puting yang luka karena ASI punya kandungan alami yang bisa menyembuhkan luka.

"Ada antiseptik alami pada ASI makanya sebelum menyusui oleskan ASI disekitar puting payudara untuk menjaga kelembapan kulit sekitar payudara," pungkas dr. Ameetha.

Ikuti kami di
  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas