Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Sama Seperti Covid-19, Herpes Zoster Ditularkan Lewat Udara dan Menyerang saat Imun Tubuh Turun

Penyakit Herpes Zoster (HZ) disebut memiliki kesamaan cara penularan seperti virus corona (Covid-19), yakni melalui udara.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Sanusi
zoom-in Sama Seperti Covid-19, Herpes Zoster Ditularkan Lewat Udara dan Menyerang saat Imun Tubuh Turun
hallodoc
Herpes zoster atau cacar api adalah infeksi pada saraf dan kulit di sekitarnya 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penyakit Herpes Zoster (HZ) disebut memiliki kesamaan cara penularan seperti virus corona (Covid-19), yakni melalui udara.

CEO Klinik Pramudia, dr. Anthony Handoko, SpKK, FINSDV mengatakan bahwa Herpes Zoster perlu menjadi perhatian masyarakat di masa pandemi ini.

Hal itu karena munculnya penyakit Herpes Zoster dan Covid-19 pada tubuh seseorang, disebabkan oleh virus yang berkaitan erat dengan daya tahan tubuh atau imunitas seseorang.

Baca juga: Pernah Terkena Cacar Air? Anda Punya Risiko Terpapar Herpes Zoster, Kenali Gejalanya

"Bila daya tahan tubuh kita kuat maka walaupun terpapar oleh virus, sel imun (Immunoglobulin) dapat memberikan pertahanan yang baik dan cukup untuk menghancurkan virus yang masuk sehingga tidak mudah terserang penyakit," ujar dr Anthony, dalam virtual media briefing bertajuk 'Bagaimana Jika Terkena Herpes Di Masa Pandemi Covid-19', Kamis (8/4/2021).

Ia menjelaskan bahwa pandemi Covid-19 yang berlangsung lebih dari 1 tahun telah membuat banyak orang mengalami lelah dan stres, sehingga memicu terjadinya penurunan imun tubuh.

Baca juga: Ini yang Perlu Anda Waspadai Agar Tidak Tertular Herpes Zoster

"Pada masa pandemi yang sudah berlangsung lebih dari 1 tahun ini, secara umum kita cenderung mengalami penurunan daya tubuh akibat stres psikis serta kelelahan yang berkepanjangan untuk selalu waspada terhadap virus Covid-19, maka sangatlah mungkin seseorang lebih mudah terkena HZ pada masa ini," kata dr Anthony.

BERITA REKOMENDASI

Bagi sebagian besar orang, kata dia, rasa nyeri yang ditimbulkan penyakit Herpes Zoster ini akan berkurang seiring menghilangnya ruam pada kulit.

Namun bagi beberapa orang, Herpes Zoster dapat menyebabkan komplikasi seperti rasa nyeri yang menetap yang disebut Neuralgia Paska Herpes (NPH).

Baca juga: Biasa Dialami Usia Dewasa, Kini Herpes Zoster Juga Sering Terjadi Pada Usia Muda

" Komplikasi ini muncul sebagai akibat rusaknya serabut syaraf akibat dari aktivitas virus yang berulang," jelas dr Anthony.

NPH ini dapat terjadi pada lebih dari 50 persen pasien berusia lebih dari 60 tahun.

Rasa nyeri akibat NPH ini pun beragam, pada umumnya dapat diketahui setelah munculnya rasa perih, sensasi terbakar, berdenyut-denyut, dan terasa seperti ditusuk-tusuk atau nyeri yang menyakitkan.

Bahkan sentuhan kain lembut atau hembusan angin pada kulit pun dapat terasa sangat menyakitkan.

Reaksi ini dikenal dengan istilah Allodynia, yakni sebuah rasa nyeri yang timbul akibat stimulus ringan.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas