Tribun Kesehatan

Lansia Dianjurkan Melakukan Vaksinasi Pneumonia Agar Tak Mudah Terpapar

Dokter spesialis paru Erlina Burhan, mengingatkan pentingnya vaksinasi pneumonia bagi Lansia.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Adi Suhendi
Lansia Dianjurkan Melakukan Vaksinasi Pneumonia Agar Tak Mudah Terpapar
TRIBUN/HERMAWAN HANDAKA
Ilustrasi penderita pneumonia. Dokter spesialis paru Erlina Burhan, mengingatkan pentingnya vaksinasi pneumonia bagi Lansia. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dokter spesialis paru Erlina Burhan, mengingatkan pentingnya vaksinasi pneumonia bagi Lansia.

Menurut penelitian, vaksin pneumonia pada orang lanjut usia memberikan manfaat di antaranya Lansia yang menjalani rawat inap karena pneumonia lebih sedikit.

Selain itu, mengurangi jumlah kunjungan ke dokter dan penghematan biaya perawatan medis secara langsung.

"Sistem kekebalan mengalami transformasi mendalam seiring bertambahnya usia dan respon imunologis yang sangat bergantung pada usia. Perubahan yang terjadi pada manusia setelah usia 50 tahun perlu mendapat perhatian khusus karena dampak klinisnya. Konsekuensi yang paling terlihat dari usia lanjut adalah berkurangnya efektivitas sistem kekebalan tubuh," ujar Erlina dalam siaran pers Indonesia Ramah Lansia (IRL), Jumat (12/11/2021).

Vaksinasi Pneumonia merupakan satu cara untuk meningkatkan imunitas tubuh, selain penerapan pola hidup bersih dan sehat.

"Dengan penerapan pola hidup bersih sehat dan melakukan vaksinasi pneumonia, kami berharap masyarakat lansia di Indonesia dapat menikmati kualitas hidup yang baik,” imbuh Dr Erlina.

Direktur Kampanye Pneumonia dari Indonesia Ramah Lansia, Dwi Endah menambahkan, terdapat keuntungan kesehatan dengan melakukan vaksinasi di antaranya penurunan morbiditas, mortalitas, nyeri, dan penderitaan penyakit pneumonia.

Baca juga: Kemenkes Gandeng Pfizer, Atasi Pneumonia hingga Kanker Paru

Selain itu, meningkatkan kualitas hidup seperti produktivitas dan pendapatan yang diperoleh ketika orang dewasa yang diimunisasi yang dilindungi dari penyakit pneumonia dapat bekerja dan menghasilkan lebih baik.

Serta mengurangi ketidakpastian dan kecemasan, misalnya, nilai ketenangan pikiran.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas