Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Hindari Cedera, Sunat Harus Dilakukan Tenaga Terlatih, Ini Penjelasan Dokter

Selain karena keyakinan agama, sunat memiliki alasan medis dan perlu dilakukan . Alasannya, yakni untuk kebersihan dan tentu saja kesehatan.

Editor: Willem Jonata
zoom-in Hindari Cedera, Sunat Harus Dilakukan Tenaga Terlatih, Ini Penjelasan Dokter
Wartakota/Henry Lopulalan
SUNATAN. 

TRIBUNNEWS.COM - Selain karena keyakinan agama, sunat memiliki alasan medis dan perlu dilakukan . Alasannya, yakni untuk kebersihan dan tentu saja kesehatan.

Dibandingkan zaman dulu, metode sunat atau sirkumsisi saat ini kian beragam.

Sunat itu sendiri adalah prosedur pembedahan yang dilakukan untuk mengangkat atau memotong preputium (bagian kulit penis yang menutupi glans atau kepala penis).

Mengutip jurnal yang dipublikasikan oleh Saudi Urological Association, sekitar 30 persen laki-laki di dunia dan 35 persen laki-laki di negara berkembang telah disunat.

Baca juga: Perlukah Sunat pada Perempuan? Ini Penjelasan Dokter

Beragam metode sunat yang digunakan yaitu mulai dari metode konvensional, laser, stapler dan klem.

Belakangan, beberapa tempat sunat marak menggunakan metode laser untuk tindakan sunat.

Karena alasan waktu tindakan yang lebih singkat, banyak masyarakat yang memilih sunat dengan metode ini.

BERITA TERKAIT

Padahal, banyak juga yang tidak mengetahui adanya bahaya dan risiko dari sunat laser.

Sunat laser sebenarnya menggunakan energi panas pada alat elektrokauter, yaitu alat yang menyerupai solder.

Menurut Prof. Andi Asadul Islam, Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Indonesia menegaskan bahwa belum ada penelitian secara khusus menjelaskan tentang indikasi untuk sunat laser selain itu juga memiliki risiko kepala penis terpotong lebih tinggi, cedera pada kelenjar penis/ uretra dan luka bakar.

Sementara itu, dr. Arry Rodjani, Sp.U.(K), Dokter Spesialis Urologi, juga mengungkapkan bahwa Badan Kesehatan Dunia WHO merekomendasikan sunat harus dilakukan oleh tenaga yang terlatih dan kompeten.

"Mencegah cedera akibat teknik sunat yang salah, beberapa studi sudah tidak menganjurkan sunat laser untuk dilakukan," kata dr Arry, Selasa (16/11/2021).

Adanya kelalaian pada saat tindakan sunat bisa mengorbankan 'masa depan' anak. Seperti ikut terpotongnya kepala penis, bahkan dikabarkan ada yang harus operasi kelamin.

Harapan keluarga agar dokter bisa menyambung kembali kepala penis korban tidak berjalan dengan baik, sehingga hanya dilakukan perawatan medis untuk menyembuhkan luka tersebut.

Pada metode menggunakan laser oleh tenaga yang tidak terlatih dan kompeten, pada penggunaan kauter yang telah dipanaskan, arus listrik langsung menuju ke jaringan penis.

Dan apabila preputium dipotong dengan kauter hal ini juga dapat menyebabkan total phallic loss atau gangguan saraf yang parah karena adanya kontak antara cauter dan clamp.

Artikel ini telah tayang di WartaKotalive.com dengan judul Sunat Harus dilakukan oleh Tenaga Terlatih untuk Hindari Cedera, Kenali Cedera yang bisa Terjadi

Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas