Tribun Kesehatan

Beberapa Faktor Penyebab Munculnya Fenomena Remaja Jompo

Menurut dr Santi remaja jompo disebabkan oleh banyak faktor. Bisa saja karena perubahan tekonologi dan berbagai kemudahan yang disajikan saat ini

Penulis: Aisyah Nursyamsi
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Beberapa Faktor Penyebab Munculnya Fenomena Remaja Jompo
BLODSKY
Ilustrasi sakit pinggang. Mungkin Anda pernah dengar jika masih muda rasanya sudah jompo? Sehingga muncul sebutan remaja jompo. Sebutan ini ditujukan buat remaja yang kerap mengalami pegal-pegal, gampang lelah, hingga sakit punggung dan sebagainya. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mungkin Anda pernah dengar jika masih muda rasanya sudah jompo? Sehingga muncul sebutan remaja jompo.

Sebutan ini ditujukan buat remaja yang kerap mengalami pegal-pegal, gampang lelah, hingga sakit punggung dan sebagainya.

Menurut dr Santi dari Medical Center Kompas Gramedia, julukan remaja jompo ada benarnya juga. Karena ada, penyakit yang biasanya diidap orang tua, sekarang malah dialami anak muda atau remaja.

Baca juga: Adakah Dampak Bagi Kesehatan Jika Makan Telur Mentah? Begini Kata Ahli

Misalnya, dahulu penyakit diabetes, gula, kolesterol sering ditemui pada orang lanjut usia. Namun saat ini, beberapa penyakit di atas bisa dijumpai pada orang yang masih berusia 20-an. 

Lantas kenapa fenomena ini bisa terjadi? Menurut dr Santi remaja jompo disebabkan oleh banyak faktor. Bisa saja karena perubahan tekonologi dan berbagai kemudahan yang disajikan seperti saat ini. 

Semua kebutuhan tinggal dipenuhi dengan sentuhan jari. Sehingga tidak perlu bergerak untuk mendapatkan barang. Akibatnya, manusia saat ini kurang gerak tapi maksimal dari tingkat konsumsi.

Ada lagi karena penggunaan gawai yang terlalu sering. Sehingga menyebabkan gangguan pada mata. Bermain gawai terkadang membuat mata lama mengedip. 

"Padahal fungsi mata mengedip membasahi bola mata, karena ada air mata yang disapu. Kurang kedip bisa sebabkan sakit kepala," papar dr Santi lagi.

Baca juga: Daftar Operasi yang Ditanggung BPJS Kesehatan: Caesar hingga Pencabutan Pen

Lebih lanjut, penggunaan gawai dengan kepala menunduk juga dapat menyebabkan keluhan di otot tengkuk leher. 

Namun, bisa juga tubuh remaja atau anak muda lemas karena Anemia. Penyakit ini bisa terjadi pada anak muda, terutama pada remaja putri karena menstruasi.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas