Tribun Kesehatan

Anies Baswedan Resmikan Fasilitas Tersier dengan Pusat Unggulan Ortopedi 

Anies Baswedan melakukan relaunching RS Siloam Mampang sebagai fasilitas tersier dengan layanan ortopedi di Jakarta

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Anies Baswedan Resmikan Fasilitas Tersier dengan Pusat Unggulan Ortopedi 
ist
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan relaunching RS Siloam Mampang sebagai fasilitas tersier dengan layanan ortopedi di Jakarta, akhir pekan lalu. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan relaunching RS Siloam Mampang sebagai fasilitas tersier dengan layanan ortopedi di Jakarta, akhir pekan lalu.

RS ini mulai beroperasi pada tahun 2020 tepat di awal masa pandemi dan ikut dalam kegiatan tanggap darurat penanganan pasien Covid-19 bersama pemerintah, khususnya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai salah satu rumah sakit rujukan COVID-19 pilihan.

“Kami berterima kasih kepada Pak Anies Baswedan atas kepemimpinannya yang teguh selama perang melawan Covid-19 serta tindakannya yang tegas dan tepat waktu, memungkinkan pembukaan rumah sakit ini dua tahun lalu untuk memenuhi kebutuhan mendesak ibu kota," ujar Caroline Riady, Wakil Presiden Direktur Siloam Hospitals Group dalam pernyataan persnya yang dikutip Senin (19/9/2022).

Baca juga: Siloam Hospitals TB Simatupang Gelar Latihan Gabungan Tanggap Darurat Penanggulangan Kebakaran

"Kami juga bergembira beliau berkenan meresmikan relaunching RS Siloam Mampang yang menandai era baru, era pascapandemi, di mana melalui upaya pemerintah dan semua pihak, kami mampu membangun ekonomi yang lebih kuat, masyarakat yang lebih sehat, dan masa depan yang lebih cerah bagi negeri ini. Ini adalah contoh yang baik dari kemitraan publik-swasta,” imbuh Caroline Riady.

Dia menjelaskan, kehadiran RS Siloam Mampang sebagai rumah sakit tersier  memperkuat jaringan Siloam di Jakarta Selatan, dengan layanan klinis seperti ortopedi, bedah, penyakit dalam, saraf dan bedah saraf, pediatri (anak), pulmonologi, dan masih banyak lagi.

Pihaknya telah menginvestasikan Rp400 miliar untuk pembangunan dan pengembangan berbagai fasilitas kesehatan tersebut.

RS ini diperkuat dengan 150 tenaga kesehatan lebih yang terdiri dari dokter spesialis, dokter umum, dan perawat.  Layanan ortopedi menjadi pusat unggulan di RS ini dengan didukung sejumlah dokter spesialis dengan berbagai subspesialisasi ortopedi seperti rekonstruksi pinggul dan lutut, kaki dan pergelangan kaki, tulang belakang, serta cedera olahraga dan artroskopi.

Pusat layanan ini terselenggara atas kerja sama beberapa dokter spesialis seperti Prof. Dr. dr. Ismail Hadisoebroto Dilogo, Sp.OT(K) konsultan rekonstruksi pinggul dan lutut dewasa, Dr. dr. Andri Lubis, Sp.OT(K) konsultan cedera olahraga dan artroskopi, dr. S. Dohar A. L Tobing, Sp.OT(K) konsultan tulang belakang, dan dr. Henry Suhendra, Sp.OT.

Baca juga: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Komitmen Jadikan Rumah Sakit Jakarta Ramah Lingkungan 

Dr. Andri Lubis sendiri telah menangani lebih dari 1.500 operasi ortopedi sejak 2014 dan merupakan dokter rujukan cedera atlet nasional.

Bermitra dengan BPJS Ketenagakerjaan dan Jasa Raharja, RS ini bisa menangani kecelakaan kerja dan lalu lintas. Direktur RS Siloam Mampang dr. Hery Bertus, MARS mengatakan, pihaknya juga menjalin kerjasama dengan 100 mitra korporat dan asuransi.

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas