Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Sederet Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah yang Bisa Dilakukan di Rumah

Masalah kaki atau tumit pecah-pecah menjadi keluhan yang sudha umum. Tentunya kondisi tersebut mempengaruhi penampilan seseorang.

Penulis: Putri Pramestianggraini
zoom-in Sederet Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah yang Bisa Dilakukan di Rumah
kompas.com
Ilustrasi kaki pecah-pecah 

TRIBUNHEALTH.COM - Tumit pecah-pecah memang seringkali dikeluhkan oleh seseorang.

Kondisi tumit yang pecah-pecah mungkin nampak sebagai masalah penampilan. Namun, kondisi tumit pecah atau fisura tumit ini juga bisa menyebabkan masalah medis yang serius.

Diperlukan upaya ekstra untuk mengatasi tumit pecah, termasuk juga mengidentifikasi penyebabnya agar penanganan bisa dilakukan dengan tepat.

Kaki Pecah-pecah Apakah Berbahaya?

Melansir Primayahospital.com, kaki pecah-pecah terjadi ketika kulit di bagian bawah tepi luar tumit menjadi tebal, keras, kering dan bersisik bahkan nampak retak.

Tumit pecah-pecah merupakan masalah kaki yang umum dialami. Pada kebanyakan kasus, bila retakannya kecil , masalah ini tentunya menjadi gangguan kecil. Misalnya kaki menjadi tidak enak dipandang.

Ilustrasi kaki pecah-pecah
Ilustrasi kaki pecah-pecah (kompas.com)

Baca juga: Pilu Istri yang Sedang Hamil 5 Bulan di Semarang, Suami Tewas Dibegal Usai Ambil Order Terakhir

Namun, bila tidak ditangani dengan tepat, maka retakan semakin dalam, orang yang mengalaminya akan merasakan sakit pada tumit ketika berjalan. Kaki yang pecah-pecah juga bisa terinfeksi dan berdarah.

BERITA REKOMENDASI

Infeksi pada tumit pecah-pecah bisa menyebabkan seslulitis, yaitu infeksi bakteri pada kulit dan jaringan di bawahnya. Selulitis bisa terjadi akibat bakteri masuk melalui luka terbuka pada kulit. Bakteri akan menyebar dan membuat kulit menjadi kemerahan, melepuh dan bengkak.

Selulitis merupakan masalah medis yang serius dan membutuhkan penanganan secepatnya, hingga harus dirawat di rumah sakit.

Siapa Saja yang Berisiko Mengalami Kaki Pecah-pecah?

Kaki pecah-pecah karena kehilangan elastisitasnya. Namun terdapat beberapa kondisi yang membuat seseorang lebih berisiko, diantaranya ialah:

- Berkulit kering

- Dermatitis atopic (eksim)

Penyakit kulit seperti gatal-gatal, uncul ruam merah dan gatal.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas