Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Cegah Kisah Kelam Pemilu 2019, Ketahui Faktor Risiko Gangguan Kesehatan Petugas  KPPS

Selain soal perhitungan suara, hal lain yang tak kalah penting disorot adalah kesehatan dari petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Penulis: Aisyah Nursyamsi
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Cegah Kisah Kelam Pemilu 2019, Ketahui Faktor Risiko Gangguan Kesehatan Petugas  KPPS
Surya/Purwanto
Petugas melakukan simulasi perhitungan surat suara Pemilu 2024 di TPS 09, Desa Tegalrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang Malang, Jawa Timur, Selasa (30/1/2024). Simulasi tersebut diselenggarakan KPU Kabupaten Malang untuk melatih petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), dalam pelaksanaan Pemilu 2024. KPU Kabupaten Malang menyebut Sebanyak 2.054.178 Daftar Pemilih Tetap (DPT) dengan menargetkan 80 persen masyarakat dapat menyuarakan hak pilihnya pada 14 Februari 2024 mendatang. SURYA/PURWANTO 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Agenda pemilihan umum (pemilu) sudah di depan mata. 

Hanya hitungan hari, tepatnya 14 Februari 2024 mendatang. 

Baca juga: Tugas Anggota KPPS Keenam di TPS Pemilu 2024: Jaga Kotak Suara




Selain soal perhitungan suara, hal lain yang tak kalah penting disorot adalah kesehatan dari petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Terlebih, pemilu di Indonesia pada 2019 punya kisah kelam, sebanyak 894 petugas KPPS meninggal dan 5.175 luka-luka.

Menurut Direktur Kesehatan Usia Produktif dan Usia Lanjut Kementerian Kesehatan dr Nida Rohmawati, MPH menjelaskan faktor risiko gangguan kesehatan yang rawan terjadi pada anggota KPPS. 

Baca juga: Masa Kerja Anggota KPPS dalam Pemilu 2024, Lengkap dengan Besaran Gajinya

"Faktor risiko sangat banyak. Pertama, tempat penyelenggaraan.  Apakah memiliki ventilasi yang baik, ada tempat pembuangan sampah dan sebagainya. Serta disediakan, harus cukup minum," ungkapnya pada talkshow Kesiapan Kesehatan di Pemilu 2024 secara virtual, Senin (5/2/2024). 

BERITA TERKAIT

Oleh dr Nida mengatakan jika kebanyakan orang yang meninggal dikarenakan kekurangan minum. 

Petugas menyiapkan surat suara saat simulasi pemungutan dan perhitungan suara Pemilu 2024 di TPS 09, Desa Tegalrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang Malang, Jawa Timur, Selasa (30/1/2024). Simulasi tersebut diselenggarakan KPU Kabupaten Malang untuk melatih petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), dalam pelaksanaan Pemilu 2024. KPU Kabupaten Malang menyebut Sebanyak 2.054.178 Daftar Pemilih Tetap (DPT) dengan menargetkan 80 persen masyarakat dapat menyuarakan hak pilihnya pada 14 Februari 2024 mendatang. SURYA/PURWANTO
Petugas menyiapkan surat suara saat simulasi pemungutan dan perhitungan suara Pemilu 2024 di TPS 09, Desa Tegalrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang Malang, Jawa Timur, Selasa (30/1/2024). Simulasi tersebut diselenggarakan KPU Kabupaten Malang untuk melatih petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), dalam pelaksanaan Pemilu 2024. KPU Kabupaten Malang menyebut Sebanyak 2.054.178 Daftar Pemilih Tetap (DPT) dengan menargetkan 80 persen masyarakat dapat menyuarakan hak pilihnya pada 14 Februari 2024 mendatang. SURYA/PURWANTO (Surya/Purwanto)

"Ternyata, banyak meninggal mereka mengalami dehidrasi. Minum itu minimal delapan gelas sehari. Apa lagi kerjanya gak berhenti-berhenti. Termasuk makan," tambahnya.

Selain itu faktor risiko lain adalah rasa stres karena lingkungan dan tata cara kerja yang berat.

Menurut dr Nida, menyelenggarakan proses pemilu sebenarnya adalah pekerjaannya lumayan berat.

Dan sebagai anggota KPPPS juga mengalami risiko sebagai pekerja. 

Baik itu risiko secara fisik, mental mau pun sosial. 

Oleh karena itu, untuk menghindari terjadinya KPPPS jatuh sakit, ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi agar tetap sehat. 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas