Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Menatap Layar Gadget Terlalu Lama Picu Risiko Gangguan Mata, Paling Buruk Alami Glaukoma

Di era digital saat ini, menghabiskan sebagian besar waktu menatap layar baik itu komputer, ponsel, tablet, atau televisi merupakan hal lumrah. 

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Willem Jonata
zoom-in Menatap Layar Gadget Terlalu Lama Picu Risiko Gangguan Mata, Paling Buruk Alami Glaukoma
Freepik
Ilustrasi anak-anak bermain gadget 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA - Di era digital saat ini, menghabiskan sebagian besar waktu menatap layar baik itu komputer, ponsel, tablet, atau televisi adalah bukan hal yang aneh. 

Kebiasaan ini jika berlebihan menyebabkan berbagai masalah kesehatan mata, seperti mata lelah, iritasi, penglihatan kabur, sakit kepala hingga berisiko kebutaan.




Mungkin sebagian orang menganggap sepele gejala awal mata lelah seperti mata kering, penglihatan kabur, atau sakit mata ringan.

Mata kering atau dry eye merupakan kelainan pada permukaan mata yang ditandai dengan hilangnya keseimbangan komponen air mata, adanya ketidakstabilan air mata, peningkatan kekentalan atau osmolaritas, dan kerusakan atau peradangan pada permukaan mata. 

Baca juga: Cegah Diabetes pada Anak: Kurangi Minuman Manis, Paparan Gadget Serta Aktif Olahraga

Laporan “Revealing Average Screen Time Statistics” dari Backlinko mendapati rata-rata waktu tatap layar atau screen time masyarakat Indonesia mencapai 7 jam 38 menit per hari.  

Penggunaan perangkat elektronik berlayar secara kontinu dengan durasi lama berisiko mata kering.

BERITA TERKAIT

Jika tidak segera ditangani bisa menimbulkan kondisi yang lebih serius, seperti miopia (rabun jauh), hipermetropi (rabun dekat), astigmatisme (mata silinder), hingga penyakit mata yang lebih berbahaya seperti glaukoma, katarak, dan degenerasi macula.

Cara Mencegahnya

1. Atur Waktu Paparan Layar

Usahakan untuk tidak menatap layar terus-menerus. Gunakan aturan 20-20-20 setiap 20 menit, alihkan pandangan sejauh 20 kaki (sekitar 6 meter-red) selama 20 detik.

Ini akan membantu mengurangi ketegangan mata akibat cahaya biru.

2. Lindungi dengan kacamata

Selain itu, gunakan kacamata pelindung gunakan kacamata pelindung khusus yang dapat menyaring cahaya biru untuk mengurangi dampak negatif pada mata saat bekerja dengan laptop atau menggunakan gadget.

3. Tidur cukup dan teratur 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas